Ternyata Manfaat Berpuasa Seperti ini Lho untuk Kesehatan

Ananta
Senin 13 Maret 2023, 00:05 WIB
Ilustrasi buka puasa (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi buka puasa (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Berpuasa bagi kaum muslim memang sudah menjadi hal yang biasa, apalagi saat bulan Ramadhan datang pastinya seluruh umat muslim diwajibkan untuk ikut berpuasa. Tujuan dari berpuasa sendiri antara lain untuk mendisiplinkan diri, menjadi lebih bersimpati dengan sesama yang kurang mampu, bersyukur atas berkat yang diberikan oleh Allah SWT.

Namun dibalik hikmahnya berpuasa tentunya orang-orang yang menjalankan ibadah puasa juga mendapatkan beberapa manfaat secara mental dan juga tentunya fisik. Manfaat secara fisik yang dimaksudkan adalah kesehatan tubuh yang didapat oleh tubuh kita dengan cara berpuasa antara lain sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berpuasa untuk kesehatan jantung sudah diteliti di tahun 2010. Dari hasil penelitian yang sudah dijalankan tersebut mengatakan bahwa berpuasa bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca Juga: Ternyata Garam Himalaya Menyimpan Manfaat Baik untuk Dunia Kecantikan, Seperti ini Manfaatnya

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika kamu berpuasa pastinya akan menurunkan kadar gula darah dan juga resistensi insulin dalam tubuh juga ikut berkurang. Dengan artian penurunan tersebut membuat penyaluran glukosa dari pembuluh darah ke dalam sel lebih efisien.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat berpuasa untuk kesehatan lainnya bisa menurunkan berat badan kamu lhoo, jadi anggap aja berpuasa ini adalah diet buat kamu yang ingin menurunkan berat badan ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan, Cocok Buat yang Lagi Diet

4. Meningkatkan Produksi Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan merupakan hormon protein yang berperan dalam pertumbuhan, penurunan berat badan, metabolisme, dan kekuatan otot.

5. Mencegah Peradangan

Zat yang membuat peradangan bisa disembuhkan dengan cara kamu berpuasa lho.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini