Pahami Penyebab Jerawat di Dagu, Begini Cara Mengobatinya

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 22 Maret 2023, 20:38 WIB
Ilustrasi - jerawat pada dagu

Ilustrasi - jerawat pada dagu

LABVIRAL.COM - Jerawat sangat umum dialami semua orang. Bahkan, penelitian memperkirakan bahwa 9,4 persen orang-orang di seluruh dunia memiliki jerawat

Menurut American Academy of Dermatology (AAD) di Amerika Serikat, jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum terjadi.

Jerawat dapat timbul di bagian tubuh manapun, seperti di dagu. Jerawat di dagu memang sangat umum dialami banyak orang. Jerawat ini bisa muncul dari hasil fluktuasi hormon yang berarti gangguan pada sistem endokrin. Hal ini biasanya merupakan hasil dari kelebihan androgen.

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Suntik Botox Bertahan Lebih Lama

Hal ini terutama terjadi pada wanita dan remaja, karena mereka cenderung sering alami perubahan hormon yang ekstrem.

Androgen adalah hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang penciptaan sebum. Sebum adalah minyak yang bertanggung jawab menyumbat pori-pori yang membuat jerawat. Karena hormon ini dapat berfluktuasi, jerawat di dagu dapat terjadi kapan saja.

Jerawat di dagu termasuk dalam T-zone (dagu, hidung, dan dahi), yang dapat diatasi dengan beberapa perawatan rumah.

Baca Juga: Apakah Suntik Botox Diperbolehkan dalam Islam? Ini Jawabannya

Dilansir dari laman Medical News Today, untuk mengobati jerawat, carilah produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Keduanya dapat membantu menghilangkan jerawat dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini