Segudang Manfaat Daun Saga Sebagai Obat Tradisional, Apa saja ya ?

Ananta
Senin 13 Maret 2023, 01:36 WIB
Daun saga yang dipercaya sebagai obat tradisional beberapa penyakit (Sumber : istimewa)

Daun saga yang dipercaya sebagai obat tradisional beberapa penyakit (Sumber : istimewa)

LABVIRAL.COM - Terbilang sudah jarang ditemui daun yang memiliki segudang manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit ini memang sudah terasingkan. Daun saga yang termasuk tanaman merambat ini sangat baik dan menguntungkan soal khasiatnya.

Tak sedikit kaum milenial sekarang ini tidak tahu daun saga karena sekarang daun saga sudah jarang ditemui. Daun saga ini memiliki nama latin Abrus Precatorius yang memiliki ciri daun berbentuk majemuk bersisip ganjil yang memiliki bunga berwarna ungu muda dan biji saga ini memiliki warna merah dengan bintik hitam.

Berikut ini adalah manfaat daun saga sebagai obat tradisional, yaitu:

Baca Juga: 5 Manfaat Tak Terduga Teh Pahit bagi Kesehatan

1. Menyembuhkan Batuk

Beberapa orang menggunakan obat tradisional untuk mengatasi batuk seperti dengan meminum ekstrak daun saga, namun belum ada penelitian medis terkait kandungan apa di daun saga yang dapat mengobati batuk.

2. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Daun saga mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan, namun belum ada uji klinis tentang khasiat ini.

3. Mengatasi Flu

Sebagian masyarakat percaya akan manfaat daun saga untuk mengatasi flu dengan cara meminum ekstrak daun saga, namun Anda sebaiknya berhati-hati sebelum minum obat tradisinal ini karena belum ada penelitian valid yang membuktikan khasiat daun saga untuk flu.

Baca Juga: Ternyata Garam Himalaya Menyimpan Manfaat Baik untuk Dunia Kecantikan, Seperti ini Manfaatnya

4. Menyembuhkan Sakit Mata

Manfaat daun saga yang dipercaya dalam pengobatan tradisional India adalah untuk mengatasi sakit mata. Mereka menggunakan extract rebusan akan dan daun saga sebagai tetes mata untuk mengatasi berbagai gangguan mata seperti mata merah, mata kering, mata lelah, dll.

5. Membantu Penyembuhan Demam

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini