Apakah Latihan Kardio Bisa Membakar Lemak? Berikut Fakta dan Daftarnya

Zahwa Elia Azzahra
Senin 27 Maret 2023, 05:34 WIB
ilustrasi kardio jogging

ilustrasi kardio jogging

LABVIRAL.COM - Banyak orang yang sering bertanya-tanya, apakah latihan kardio bisa membakar lemak dan sebenarnya jenis latihan manakah yang lebih efektif untuk turunkan berat badan.

Menurut peneliti dari Duke University, latihan kardio tercatat jadi yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Hal itu terbukti melalui sebuah penelitian yang dilakukan selama delapan bulan terhadap 119 subjek penelitian dengan berat badan berlebih. 

Selain efektif untuk menurunkan berat badan dengan membakar lemak, olahraga kardio juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lantas latihan kardio apa saja yang dapat membakar lemak?

Baca Juga: 15 Deretan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Berikut beberapa jenis latihan kardio yang bisa membantu kita membakar lemak, efektif dan mudah untuk dilakukan.

1. Jogging

Untuk urutan pertama, olahraga ini tidak butuh alat dan mengeluarkan biaya banyak untuk dilakukan. Olahraga ini juga terbukti dapat menurunkan berat badan dan membakar lemak secara efektif.

2. Berenang

Olahraga yang akrab dan dekat bagi kita ini adalah urutan selanjutnya kegiatan kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak. Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga kardio yang baik dan efektif karena melibatkan seluruh komponen tubuh termasuk jantung, paru-paru, dan juga otot dengan risiko cedera yang relatif minim.

Baca Juga: Ini Perbedaan Kadar Kolesterol Normal Wanita dan Pria

3. Lompat Tali

Olahraga kardio yang ketiga dan cocok untuk membakar lemak tubuh adalah lompat tali. Walau kelihatan sederhana, lompat tali memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya meningkatkan fungsi otot gerak kaki, tetapi juga dapat membantu membakar banyak kalori.

4. Bersepeda

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini