5 Jenis Madu Terbaik untuk Imunitas Tubuh

Zahwa Elia Azzahra
Senin 27 Maret 2023, 07:37 WIB
Madu yang bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: freepik.com)

Madu yang bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: freepik.com)

LABVIRAL.COM - Madu sudah dikenal sejak lama berkhasiat untuk tubuh. Madu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini mengandung banyak nutrisi. Dengan catatan jika madu tersebut merupakan madu murni yang belum tercampur bahan tambahan ya. Antioksidan sering dikaitkan baik untuk menjaga kekebalan tubuh atau imunitas, menurunkan resiko serangan jantung, stroke, dan beberapa penyakit lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 jenis madu dengan kandungan nutrisi paling baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: 5 Bahaya Kolesterol, Hindari Sebelum Menyerang

1. Comb Honey

Comb Honey atau sarang madu merupakan madu yang disajikan dengan sarang lebahnya. Penyajian madu dengan sarangnya ini dipercaya agar mendapat manfaat madu lebih maksimal. Sarang madu sendiri dilapisi propolis yang melindungi madu agar terjaga kualitasnya. Mengunyah sarang madu berlapis propolis yang berisi madu dipercaya dapat menambah imun tubuh, memberi ekstra energi, meringankan hidung tersumbat,pilek dan flu.

Baca Juga: Studi: Orang Dewasa di Inggris Rata-rata Minum Air Mineral 4 Gelas Sehari

2. Madu Multiflora

Madu multiflora berasal dari cairan manis yang dikeluarkan tanaman, yang disebut dengan nektar. Nektar tanaman ini juga mengandung molekul bioaktif utama yaitu flavonoid dan polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Lebah yang menghasilkan madu multiflora artinya mengumpulkan nektar dari berbagai macam tanaman.  

Baca Juga: 3 Risiko Jika Gagal Bayar Pinjol OJK, Hindari Kalau Tak Mau Dikejar Debt Collector

3. Madu Kaliandra

Madu kaliandra diproduksi lebah madu dengan mengumpulkan nektar yang berasal dari bunga langka kaliandra merah (Calliandra calothyrsus) yang tumbuh di pegunungan terpencil.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini