3 Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Mulai dari Kebiasaan Sepele

Zahwa Elia Azzahra
Senin 27 Maret 2023, 07:40 WIB
Ilustrasi, jerawat di punggung

Ilustrasi, jerawat di punggung

LABVIRAL.COM - Jerawat tumbuh tidak hanya di area wajah, di pungguh juga kerap kali tumbuh jerawat. Masalah yang ditimbulkan dari jerawat di punggung juga tidak sederhana. Selain mengganggu penampilan, sakit dan mengatasinya juga tidak mudah. 

Jerawat di punggung bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebabnya bisa dari hormon yang diproduksi tubuh, genetik, hingga pakaian yang digunakan kurang bersih. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon bisa makin membuat jerawat di punggung meningkat.

Umumnya kondisi hormon yang menyebabkan jerawat di punggung terjadi saat masa pubertas. Jika produksi hormon tidak seimbang dan kondisi kulit yang berminyak maka jerawat akan mudah tumbuh di punggung. Selain faktor tubuh, kebersihan pakaian juga dapat menyebabkan jerawat di punggung. Untuk menghindari penyebab jerawat punggung melalui pakaian, pastikan pakaian yang dikenakan dalam kondisi bersih terus.

Baca Juga: 4 Lembaga untuk Pengaduan Teror Debt Collector, Bikin Hati Tenang

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat di punggung jika sudah terlanjur tumbuh banyak? Berikut ini cara mengatasi jerawat di punggung yang patut dicoba agar jerawat menghilang.

1. Mandi rutin setelah beraktivitas

Agar tidak memperparah kondisi jerawat di punggung, cara yang mudah dilakukan adalah dengan mandi secara rutin setelah beraktivitas. Saat beraktivitas, produksi keringat akan tinggi, kulit yang berkeringat dan tidak lekas dibersihkan lebih berisiko sulit mengatasi jerawat yang ada.

Sebisa mungkin saat mandi, bagian punggung dibersihkan dengan sabun semaksimal mungkin. Lebih baik lagi jika menggunakan sabun antibakteri yang teruji ampuh memusnahkan kuman di punggung agar tetap bersih.

Baca Juga: 5 Jenis Madu Terbaik untuk Imunitas Tubuh

2. Mengikat rambut dan rutin keramas

Rambut dapat meningkatkan jerawat di punggung jika rambut panjang sering terurai. Pasalnya rambut kerap jadi sarang debu, kotoran, dan kuman lain. Untuk mencegah jerawat di punggung tambah banyak bisa dilakukan dengan mengikat rambut dan membatasi sentuhan antara rambut dan punggung.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini