6 Ikon Kota Solo Jadi Magnet Wisatawan, dari Tugu Keris hingga Keraton Surakarta

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 29 Maret 2023, 02:24 WIB
Destinasi wisata di Solo, Taman Balekambang

Destinasi wisata di Solo, Taman Balekambang

LABVIRAL.COM - Kota Surakarta di Jawa Tengah lebih dikenal dengan sebutan Solo. Kota yang sarat tradisi dan budaya ini menjadi rumah bagi beberapa landmark dan tempat wisata penting. 

Tak hanya itu, solo juga memiliki berbagai jenis kain batik tradisional. Batik yang dibuat dengan teknik lukis menggunakan lilin tersebut telah go internasional. 

Bagi kamu yang memutuskan berlibur ke Solo, pilihan itu sudah tepat. Selain berbagai destinasi populer, kamu juga bisa mengunjungi bangunan dan monumen yang menjadi ikon Solo. Apa saja? Simak deretan ikon Solo yang sarat nilai-nilai budaya:

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Malam di Singapura, Bikin Kita Nggak Gabut Saat Berkunjung ke Kota Singa

1. Tugu Keris

Tugu ini letaknya di lokasi yang sangat strategis, tepat di depan terminal Tirtonadi, Solo. Pengunjung yang datang ke tempat ini langsung mendapat sambutan bangunan berbentuk keris dengan tinggi 25 meter. 

Pengunjung dapat berfoto dengan latar yang instagramable dengan landscape kota Solo. 

Baca Juga: Cara Melepas Stiker Tanpa Tingalkan Bercak di Bodi Mobil

2. Bale Kambang

Ikon kota Solo berikutnya yaitu Bale Kambang. Terletak tidak jauh dari Tugu Keris, tepatnya sekitar 1 km di sebelah barat. Bale Kambang merupakan hutan kota yang dibangun ratusan tahun lalu.

Di hutan kota ini terdapat hewan rusa dan kera yang bebas berkeliaran. Pengunjung masuk tanpa membayar, cukup dengan menunjukkan kartu vaksin atau scan barcode di aplikasi Peduli Lindungi saja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini