6 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Orang Pendek, dari Diabetes hingga Kebotakan

Sunardi
Senin 13 Maret 2023, 14:06 WIB
Ilustrasi seseorang sedang mengukur tinggi badan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang sedang mengukur tinggi badan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Tinggi badan tak hanya berkaitan dengan masalah penampilan saja. Tinggi badan kamu juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan.

Ada berbagai masalah kesehatan yang rentan dialami orang dengan tinggi badan tidak ideal atau pendek. Pasalnya, pakar menyebut jika orang dengan tubuh pendek lebih rentan terserang beberapa penyakit.

Selain itu, tinggi badan seseorang bisa memengaruhi sistem metabolisme di dalam tubuh. Jika proses metabolisme di dalam tubuh terganggu maka bisa berdampak pada munculnya beberapa penyakit.

Lalu, apa saja masalah kesehatan yang rentan dialami orang pendek? Berikut deretan masalah kesehatan tersebut dihimpun dari berbagai sumber:

1. Risiko kena diabetes

Gejala diabetes.

Risiko pertama yang dihadapi oleh orang bertubuh pendek adalan rentan terkena diabetes. Beberapa sumber menyebut jika semakin tinggi tubuh seseorang maka risiko terkena diabetes bisa menurun. Jadi, untuk orang yang memiliki tubuh pendek lebih rentan karena lebih tingginya kandungan lemak hati.


2. Risiko kena penyakit paru-paru

Ilustrasi paru-paru manusia.

Beberapa penelitian menyebut bahwa orang dengan tubuh pendek memiliki masalah dengan paru-paru dan peningkatan risiko penyakit jantung. Hal ini sangat disarankan supaya orang dengan tubuh pendek berolahraga secara rutin dan aktif bergerak tiap hari. Selain itu, anjuran untuk tidak merokok dan mengonsumsi makanan sehat bisa diterapkan untuk menghindari risiko penyakit ini.

Baca Juga: 5 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan, dari Genetik hingga Obat-obatan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini