Bahaya Rambut Rontok, Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 04 Juni 2023, 14:12 WIB
Ilustrasi, rambut rontok

Ilustrasi, rambut rontok

LABVIRAL.COM - Tahukah kamu bahwa rambut rontok bisa sebagai tanda terdapat suatu penyakit berbahaya di tubuhmu? Yap, yaitu diabetes. Jadi, mulai sekarang jika rambut rontok, penting sekali untukmu mengetahui sebab dan penyebab dari kerontokan rambut.

Dikutip Labviral dari laman Express, menurut Diabetes UK, lebih dari 4,1 juta orang di Inggris saat ini hidup dengan diagnosis diabetes.

Diperkirakan 850 ribu lainnya bisa hidup tanpa terdiagnosis dengan diabetes tipe 2, sementara 13,6 juta orang lainnya juga berisiko tinggi untuk kondisi tersebut.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Orang Pendek, dari Diabetes hingga Kebotakan

Sementara beberapa gejala dan komplikasi diabetes juga banyak, seperti peningkatan buang air kecil dan haus, kelelahan, penurunan berat badan, kehilangan penglihatan atau penglihatan kabur, salah satu gejala yang tidak begitu banyak orang menyadarinya adalah rambut rontok.

Dokter Greg Vida dari Harley Street Hair Clinic menjelaskan, ada beberapa cara diabetes dapat menyebabkan rambut rontok dengan mengganggu siklus pertumbuhan folikel rambut.

"Pertama, diabetes dapat menyebabkan gula menumpuk di dalam darah yang dapat merusak pembuluh darah."

Baca Juga: 5 Olahraga yang Ampuh Menghilangkan Stres, dari Jalan Santai sampai Bersepeda

"Pembuluh darah yang rusak ini kemudian tidak dapat lagi membawa oksigen yang cukup ke folikel rambut yang dapat mengganggu dan menghentikan siklus pertumbuhan rambut. Folikel rambut malah memasuki fase telogen (folikel rambut tidak aktif dan tidak terjadi pertumbuhan batang rambut), bukan fase pertumbuhan," jelasnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini