Wajib Dibeli, 3 Buah Bagus untuk Penderita Hipertensi

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 14:23 WIB
Ilustrasi, seorang wanita mengonsumsi buah untuk meredakan hipertensi

Ilustrasi, seorang wanita mengonsumsi buah untuk meredakan hipertensi

LABVIRAL.COM - Semua buah kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Akan tetapi, ada beberapa buah bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Perlu diingat, pengidap hipertensi harus selektif memilih buah yang dikonsumsinya. Sebab, ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat cukup tinggi, ini justru bisa memperburuk kondisi hipertensi.

Oleh karena itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal-Hipertensi, Djoko Wibisono merekomendasikan buah-buahan yang banyak mengandung kalium. 

Baca Juga: 6 Anime Romantis ini Bakal Bikin Hati Kamu Berdebar-debar

Kalium sangat dibutuhkan penderita hipertensi untuk meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, penurunan ketegangan ini menurunkan tekanan darah. 

"Jangan buah berkarbohidrat tinggi atau gula tinggi, pilih buah dengan kalori nggak tinggi banyak kalium, kalium bisa turunkan tekanan darah," ujar Djoko dalam Konferensi Pers InaSH, dikutip pada Senin (13/3/2023).

Djoko pun memaparkan buah apa saja yang aman bagi penderita hipertensi, antara lain pisang, apel dan tomat

Baca Juga: Bahaya Rambut Rontok, Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes

"Pisang, buah yang kaya akan kalium, vitamin B6, vitamin C, serat, antioksidan, dan magnesium. Ini dapat membantu penderita stabilkan tekanan darah yang stabil," katanya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini