Nah Loh, Terlibat Masalah Hukum Bisa Menyebabkan Hipertensi

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 14:55 WIB
Ilustrasi, seseorang terlibat hukum hingga hipertensi

Ilustrasi, seseorang terlibat hukum hingga hipertensi

LABVIRAL.COM - Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi, Djoko Wibisono mengatakan bahwa seseorang yang terlibat masalah hukum berpotensi kena penyakit hipertensi. 

Berdasarkan pemaparan Djoko, penyakit hipertensi termasuk penyakit kronis jangka panjang, yang bisa membunuh pengidapnya secara diam-diam atau disebut silent killer.

"Terlibat (masalah) hukum bisa membuat stress, ini menyebabkan hipertensi," ujar Djoko saat ditemui setelah Konferensi Pers InaSH di Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2023) dikutip Labviral.com pada Senin (13/3/2023).

Baca Juga: 7 Drama Korea dengan Rating Tertinggi di Tahun Lalu, Kamu Suka yang Mana?

Djoko pun mempunyai pengalaman merawat pasien hipertensi yang sedang terlibat masalah hukum. 

Berdasarkan keterangan Djoko, tekanan darah pasien ini selalu tinggi selama menyelesaikan masalah hukum. Lalu, tekanan darah mulai menurun dan terkontrol ketika masalah hukum tersebut terselesaikan.

"Saya punya pengalaman pasien sangat stress karena terlibat urusan pidana, dia hipertensi gak sembuh-sembuh, obatnya udah banyak," katanya.

Baca Juga: 6 Olahraga Peninggi Badan yang Cepat dan Efektif, Yuk Dicoba!

"Suatu ketika, ketemu lagi dengan dia, tekanan darahnya sudah terkendali karena dia sudah bisa menyelesaikan stressnya yang di pidana tadi. Jadi kelola stres itu penting. kalau stres, bisa buat hiperensi," lanjutnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini