Sering Konsumsi Daging Oalahan Ternyata Bisa Sebabkan Kanker Usus

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 16:10 WIB
Ilustrasi, daging olahan

Ilustrasi, daging olahan

LABVIRAL.COM - Apakah kamu sering memakan daging olahan seperti sosis, daging kalengan, bakon atau ham? Sekarang mulailah berhati-hati.

Pasalnya, ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa seseorang yang mengonsumsi 50 gram daging olahan secara teratur, 16 persen diantaranya lebih mungkin terkena kanker usus dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi daging olahan.

Dilansir Labviral.com dari laman Mirror, penelitian global menunjukkan bahwa satu dari 10 kasus kanker usus terdapat pada wanita, dan 14,5 persen kasus pada pria, terkait konsumsi daging olahan secara terus-menerus.

Baca Juga: Bismania Wajib Tahu, Ini Deretan Bus Terlaris di Dunia, Ada Marcopolo SA

Namun, sebuah survei yang melibatkan 2 ribu orang dewasa, mengindikasikan bahwa, lebih dari 27 persen responden tidak memiliki kekhawatiran akan dampak daging olahan terhadap bahaya kanker usus.

Sedangkan delapan dari 10 responden yang mengonsumsi daging olahan, hanya 24 persen yang merasa mereka makan terlalu banyak, sementara 58 persen lainnya percaya bahwa mereka mengonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Selain itu survei juga menunjukkan bahwa empat dari lima orang responden adalah pemakan daging yang rata-rata mengonsumsi 40 gram daging olahan dalam sehari.

Baca Juga: Sakit Gigi di Malam Hari? Ini 5 Cara Mudah Mengobatinya di Rumah

Sebenarnya apasih daging olahan itu? Daging olahan didefinisikan sebagai daging apa pun yang diolah dengan cara diawetkan,diasinkan, dibakar, dipanggang, atau ditambahkan pengawet kimia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini