5 Bahan Makanan Alami yang Membantu Turunkan Kadar Kolesetrol

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 16:56 WIB
Ilustrasi, bahan makanan dapat kurangi kolesterol

Ilustrasi, bahan makanan dapat kurangi kolesterol

LABVIRAL.COM - Adanya perubahan gaya hidup dan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan tidak sehat saat ini banyak orang mulai terganggu dengan masalah kesehatan, seperti meningkatnya kadar kolesterol yang menyebabkan munculnya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kerusakan saraf.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, kadar kolesterol dalam tubuh meningkat ketika seseorang tidak aktif secara fisik dan makan lebih banyak makanan berminyak dan pedas. 

Karena penumpukan kolesterol di pembuluh darah itulah membuat sirkulasi darah dalam tubuh tidak sehat, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Baca Juga: Merupakan Salah Satu Single di Album Perdananya, Ini Dia Lirik Lagu You're My World - Cilla Black

Oleh karena itu, kini tak jarang orang-orang dengan gangguan masalah kesehatan tersebut mulai memperhatikan asupan makanan, mengubah pola gaya hidup lebih sehat serta berkonsultasi ke dokter dan mulai mengonsumsi obat untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tetapi, selain mengonsumsi obat-obatan adapun beberapa makanan alami tertentu yang dapat membantu mengontrol kadar kolesetrol. Berikut ini dikutip Labviral.com dari laman Times of India, lima makanan alami yang membantu menurunkan kadar kolesterol, cekidot!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Standar Kehidupan Tinggi

1. Jahe

Jahe mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kadar kolesetrol dalam darah secara signifikan.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur dengan memakan sepotong jahe, atau bisa diolah menjadi teh. Caranya dengan merebus jahe selama 10 sampai 20 menit. Tunggu sampai mendidih, lalu saring dan minum selagi hangat. Mengonsumsi jahe secara teratur membantu mencegah banyak penyakit dan infeksi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini