Ahli: Terlalu Sering Mengonsumsi Barbeque Ternyata Bisa Sebabkan Kanker

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 17:01 WIB
llustrasi seseorang mempersiapkan pesta barbekyu

llustrasi seseorang mempersiapkan pesta barbekyu

LABVIRAL.COM - Memasak dengan cara barbeque umumnya dilakukan pada saat acara berkumpul bersama keluarga ataupun dengan kerabat.

Barbeque merupakan makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dengan dibakar langsung di atas bara api. Menu yang disajikan pun beragam, ada daging sapi, sosis, aneka seafood serta berbagai jenis frozen food.

Dengan cita rasa yang enak dan nikmat, tidak heran jika penggemar makanan olahan ini sangat banyak. Selain itu, banyak orang percaya bahwa barbeque ini lebih sehat jika dibandingkan dengan teknik menggoreng. Tapi, benarkah demikian?

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Alami yang Membantu Turunkan Kadar Kolesetrol

Seorang ahli gizi asal India, Anjali Mukerjee menjelaskan bahwa, barbeque ternyata dapat memaparkan asap yang berbahaya bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.

"Paparan asap yang dihasilkan dari kayu atau batu bara sangat berbahaya," katanya dikutip dari laman Indianexpress oleh Labviral.com.

"Teknik memanggang pada suhu tinggi dapat menghasilkan banyak senyawa kimia yaitu amina heterosiklik (HCAs) dalam daging dibandingkan dengan direbus, dikukus, ditumis atau dimasak dengan api kecil."

Baca Juga: Ternyata, Mengubah Warna Velg Motor Itu Diperbolehkan Loh!

Menurutnya, senyawa kimia tersebut sangat berbahaya. Bahkan, beberapa penelitian menghubungkan konsumsi daging barbeque dengan berbagai jenis kanker

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini