Menguap Bisa Menular, Siapa Bilang?

Tim Redaksi Labviral
Kamis 13 April 2023, 15:22 WIB
Menguap Bisa Menular? (FOTO: Sleep Foundation)

Menguap Bisa Menular? (FOTO: Sleep Foundation)

LABVIRAL.COM - Apakah kamu sering ikutan menguap jika ada orang di sekitarmu menguap? Ternyata banyak penelitian yang dilakukan untuk menyikapi fenomena yang tidak disengaja ini.

Menurut peneliti, bahwa rasa ikut-ikutan adalah alasan yang paling mungkin kita ikut menguap. Tetapi, menguap beberapa kali ternyata juga tidak baik, harus dicari tahu apa penyebabnya. 

Dikutip Labviral.com dari laman Real Simple, Dr Reyan Saghir MBBS, menjelaskan bahwa kondisi tersebut dikenal sebagai echophenomena, yang merupakan hal yang wajar di mana otak kita terhubung untuk meniru orang-orang di sekitar kita.

"Bertambahnya usia seseorang, menyebabkan meningkatkan perkembangan psikososial dan neurologis kita, sehingga menganggap orang lain menguap sebagai isyarat bahwa kita juga harus menguap," ujar dr. Saghir.

Baca Juga: Usia Ideal Menikah Berdasarkan Ilmu Kesehatan dan Psikologi

"Penelitian menunjukkan bahwa menguap memicu 'mirror neurons' di girus frontal inferior posterior kanan otak untuk melakukan perilaku seperti meniru menguap, tidak mungkin untuk dilawan."

Reaksi ini hanya terbatas pada otak yang berkembang sempurna, seperti orang dewasa yang sehat secara mental dan psikososial. Namun, pada individu yang tidak memiliki perkembangan mental yang benar, efek 'menular' tidak akan didapati.

Hal ini berdasarkan hasil studi pada anak-anak, yang masih mengembangkan mekanisme saraf otak, dan hanya ditemukan menguap dalam keadaan lelah.

Demikian pula, berdasarkan pada penelitian orang dewasa dengan kondisi autisme dan skizofrenia, yang perkembangan sosialnya berbeda, seseorang yang menguap tidak dibalas dengan orang yang menguap.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini