Ular Berbisa dan Tidak Berbisa, Pahami 5 Perbedaannya

Tim Redaksi Labviral
Selasa 18 April 2023, 02:35 WIB
Ular Berbisa dan Tidak Berbisa, Pahami 5 Perbedaannya (FOTO: bbc.com)

Ular Berbisa dan Tidak Berbisa, Pahami 5 Perbedaannya (FOTO: bbc.com)

LABVIRAL.COM - Hewan ular memiliki beragam jenis. Keberagaman jenis ular itu dapat diklasifikasikan berdasarkan bisa yang dimilikinya. Namun, masih banyak orang bingung perbedaan ular berbisa dan tidak berbisa. 

Ular berbisa tentu wajib dihindari, pasalnya gigitan ular berbisa dapat menyebabkan kematian hingga kelumpuhan. Untuk membedakan antara ular berbisa dan tidak berbisa dapat dilakukan dengan mengidentifikasi ukuran, bentuk kepala, hingga warna kulitnya.

Ular tidak berbisa meskipun tidak memiliki racun juga sebaiknya dihindari. Hewan melata ini pasalnya dapat membahayakan meskipun tidak berbisa dengan kemampuannya melilitkan tubuhnya ke mangsanya. Biasanya ular tidak berbisa memiliki ukuran tubuh lebih besar, contohnya anaconda atau piton.

Baca Juga: Ngeri! Pilot Afrika Selatan Pergoki Ular Kobra Paling Berbisa Usai Lepas Landas

Agar lebih jelas, simak perbedaan ular berbisa dan tidak berbisa dilihat dari berbagai hal berikut ini:

Bentuk pupil mata

Ular berbisa biasanya memiliki bentuk pupil mata vertikal seperti halnya yang dimiliki kucing. Sedangkan ular tidak berbisa biasanya bentuk pupilnya bulat. 

Contoh ular berbisa dengan pupil vertikal adalah ular belang atau dengan nama latin bungarus. Sedangkan contoh ular tidak berbisa dengan mata bulat adalah ular picung.

Baca Juga: Ramalan Asmara dan Pekerjaan Shio Ular, Senin 17 April 2023

Agresivitas

Ular tidak berbisa memiliki kecenderungan untuk terus menyerang atau agresif. Sementara ular berbisa cenderung untuk tidak menyerang. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

Menguap Bisa Menular, Siapa Bilang?

Kamis 13 April 2023, 15:22 WIB
Menguap Bisa Menular, Siapa Bilang?
Berita Terkini