Mengenal Penyakit Menular Campak dan Gejalanya

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 02:54 WIB
Ilustrasi anak terinfeksi campak atau rubella

Ilustrasi anak terinfeksi campak atau rubella

LABVIRAL.COM - Campak atau measles merupakan penyakit yang disebabkan dari virus dan kerap menyerang anak-anak.

Tidak sedikit kasus, campak juga menyerang orang dewasa. Campak merupakan penyakit menular dan dapat menimbulkan komplikasi serius pada anak-anak apabila tidak ditangani sesegera mungkin.

Dokter spesialis anak dr. Jahja Zacharia mengatakan, gejala yang timbul akibat campak adalah demam. Setelahnya, ruam merah, nyeri otot, pusing, pilek, batuk, mata merah hingga tubuh terasa lemas.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Kemungkinan Penyebab Telat Mens

“Gejala panas akan terus berlangsung sampai lima, enam atau tujuh hari dibarengi dengan munculnya ruam dikulit,” kata Jahja dikutip Labviral.com dari kanal Youtube RS Premier Jatinegara.

Jahja menyarankan, anak yang terserang campak sebisa mungkin menghindari udara dingin. Dia mengatakan, udara dingin akan mengurangi daya tahan tubuh, akibatnya virus akan menyebar ke seluruh tubuh. 

Penyebab Campak

Penyebab utama campak adalah infeksi virus dari famili Paramyxovirus. Infeksi virus ini dapat ditularkan melalui percikan air liur penderita campak. Penderita campak dapat menularkan penyakitnya sejak 4 hari sebelum ruam merah muncul pada kulit.

Baca Juga: Campak Berbahaya Bagi Anak, Yuk Orang Tua Kenali Gejalanya!

Bahkan, penderita campak masih bisa menularkan penyakit tersebut 4 hari setelah ruam merah muncul. Di samping itu, virus penyebab campak juga bisa bertahan di udara dan menempel pada benda-benda kurang lebih 2 jam.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini