Tak Ada Pengobatan Khusus, Cara Ini Cukup Ampuh Atasi Campak

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 02:44 WIB
Ilustrasi pengobatan campak jerman atau rubella

Ilustrasi pengobatan campak jerman atau rubella

LABVIRAL.COM - Sebagian orang menganggap penyakit campak hanya dapat terjadi pada anak-anak, padahal orang dewasa pun bisa mengalaminya. Bahkan orang dewasa yang terinfeksi campak lebih berisiko mengalami komplikasi yang parah. Gejala campak pada orang dewasa dan anak-anak biasanya hampir sama seperti demam, batuk, pilek dan kelelahan.

Dikutip lama clevelandclinic.org komplikasi serius yang mungkin terjadi akibat campak seperti pneumonia, ensefalitis, hingga masalah pada kehamilan. Untuk itu diperlukan penanganan yang tepat dan cepat agar tidak terjadi komplikasi serius. Namun, sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit campak baik orang dewasa maupun anak-anak.

Baca Juga: 4 Obat Apotek Aman dan Terpecaya yang Ampuh Atasi Campak

Umumnya, infeksi virus dan gejala akibat campak akan hilang dengan sendirinya. Lalu penderita akan membaik dalam 10-14 hari. Namun hal itu tetap tidak boleh di sepelekan, kamu perlu melakukan beberapa cara untuk meredakan dan mempercepat pemulihan. Berikut langkah yang mungkin diperlukan:

  • Mengurangi aktivitas dan beristirahat yang cukup agar sistem imun lebih kuat melawan infeksi virus di dalam tubuh.
  • Membatasi kontak dengan lingkungan sekitar, misalnya dengan izin bekerja serta memisahkan perlengkapan makan atau mandi di rumah.
  • Memperhatikan asupan makanan sehat dan menambahkan suplemen vitamin bila perlu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Minum banyak air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat demam, diare, atau muntah.
  • Meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol, untuk membantu menurunkan demam dan mengurangi rasa sakit.
  • Memakai uap air hangat atau humidifier untuk melembapkan udara. Ini dapat membantu meredakan gejala pilek, hidung tersumbat, dan batuk.
  • Menghindari paparan cahaya yang terang bila mata sakit atau sensitif terhadapnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Memelihara Bulu Kemaluan

Setelah mengalami pemulihan, adakah cara untuk mencegah agar tidak terkena campak? Tentu ada. Salah satu cara pencegahan campak yang bisa dilakukan orang dewasa adalah melakukan vaksinasi. Jenis vaksin yang digunakan ialah vaksin MMR untuk campak (measles), gondongan (mumps), dan campak jerman (rubella).

Baca Juga: Bukan Kaleng-kaleng, Ini Manfaat Kafein Bagi Kesehatan

Namun apabila kamu merasa belum atau tidak yakin pernah mendapatkan vaksin MMR, sebaiknya segera temui dokter dan melakukan vaksinasi ulang. Bila orang dewasa belum pernah ataupun tidak yakin dengan status vaksinasinya, mereka harus mendapatkan satu dosis vaksin MMR. Selain itu, kamu juga bisa mencegah infeksi dengan menjaga kekebalan tubuh yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini