Bahan-bahan Alami Ini Mampu Obati dan Hilangkan Bekas Luka karena Cacar Air

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 01:34 WIB
Ilustrasi pengobatan cacar air

Ilustrasi pengobatan cacar air

LABVIRAL.COM - Cacar air adalah penyakit umum yang sering menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Tanda seseorang terkena cacar air adalah dengan munculnya bentol kemerahan berisi cairan pada kulit.

Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat yang dijual di apotek, namun beberapa harus disertai resep dokter.

Namun, penyembuhan penyakit cacar air tak melulu dengan obat apotek. Kepada Labviral.com, Asisten Apoteker, Gresshia Ratih Amd. Farm, merekomendasikan obat alami yang mampu mengobati cacar air dirumah, apa saja kira-kira? Yuk disimak penjelasannya!

Baca Juga: Bahaya! Ini 5 Makanan yang Bisa Ganggu Kesehatan Mental

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak di rumah. Meski begitu, penderita dapat memanfaatkan bawang putih untuk obat cacar air. Ada dua cara mengobati cacar air dengan bawang putih.

Yang pertama adalah dengan menghancurkan bawang putih dan mengoleskannya pada ruam di kulit, atau yang kedua dengan mencampurkan minyak bawang putih dengan minyak zaitun.

Baca Juga: Mengenal Cacar Ular atau Cacar Api, Penyakit Lanjutan Cacar Air

2. Bawang Merah

Tak hanya bawang putih, bawang merah juga diklaim mampu menyembuhkan cacar air. Untuk pengaplikasiannya, bawang merah harus ditumbuk terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan perlahan pada bagian ruam cacar air.

Pengolesan bawang merah pada ruam cacar air diklaim dapat mengurangi rasa gatal pada ruam sekaligus membantu mempercepat proses penyembuhan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini