Begini Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Sembuh

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 01:47 WIB
Ilustrasi seorang anak terkena cacar air

Ilustrasi seorang anak terkena cacar air

LABVIRAL.COM - Cacar air menimbulkan gejala berupa bintil kemerahan berisi cairan dan terkadang menghadirkan rasa gatal.

Gejala lain yang mungkin muncul seperti sakit kepala, kelelahan, demam hingga menurunnya nafsu makan.

Cacar air umumnya diderita anak-anak di bawah usia 10 tahun. Namun, pada beberapa kasus, penyakit ini juga dapat diderita orang dewasa.

Baca Juga: Daftar Obat Cacar Air yang Bisa Dibeli di Apotek

Umumnya, penyakit ini akan menyerang sekali seumur hidup, apalagi ketika seseorang sudah melakukan vaksinasi. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang terkena cacar air hingga 2 kali seumur hidupnya.

Cacar air sebenarnya tidak memiliki pengobatan khusus dan umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, penderita harus memperhatikan agar bintil kemerahan tidak pecah. Sebab jika pecah akan menjadi sumber infeksi dan meninggalkan bekas luka atau bopeng yang sulit hilang.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa gatal akibat bintil merah tersebut. Sebagaimana dikutip dari video yang tayang di channel YouTube Nikita Channel, berikut tips meminimalisir rasa gatal akibat cacar pada orang dewasa;

Baca Juga: Penikmat Kopi Wajib Baca! Ini Bahaya Kafein dalam Tubuh

Oatmeal

Jenis bahan makanan satu ini biasanya dikonsumsi pada seseorang yang sedang melakukan program diet. Namun, di sini oatmeal tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk menemani mandi. Menurut beberapa pakar kesehatan, mandi oatmeal bisa membantu menenangkan dan menghilangkan gatal karena cacar air.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini