Penikmat Kopi Wajib Baca! Ini Bahaya Kafein dalam Tubuh

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 01:42 WIB
Ilustrasi, kopi berbahaya bagi penderita hipertensi

Ilustrasi, kopi berbahaya bagi penderita hipertensi

LABVIRAL.COM - Kopi adalah salah satu minuman paling favorit banyak orang. Dengan minum kopi, para penikmatnya percaya bahwa kopi adalah minuman penghilang rasa kantuk dan meningkatkan semangat saat beraktivitas.

Namun, jika terlalu sering minum kopi menyebabkan tubuh meresap banyak kafein yang mungkin saja bisa berdampak pada kesehatan tubuh, yaitu meningkatkan kadar kolesterol.

Dikutip Labviral.com dari laman Indianexpress, sebelumnya apa itu kolesterol

Baca Juga: Manfaat Minum Susu Kacang Mete untuk Kesehatan, bisa untuk Kekebalan Tubuh

Dijelaskan ahli gizi Dr Rohini Patil dari Nutracy LIfestyle, kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang ditemukan dalam sel tubuh kita. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon seperti esterogen, testosteron, vitamin D dan juga membantu mencerna makanan. 

"Makanan yang berasal dari sumber hewani seperti kuning telur, daging, dan keju memiliki kolesterol di dalamnya," katanya.

Lebih lanjut, Sohini Banerjee konsultan ahli gizi dari Fortis Hospital and Kidney Institute, Kolkata menyebutkan bahwa sebenarnya kolesterol tidak buruk bagi tubuh kita. 

Baca Juga: Bahan-bahan Alami Ini Mampu Obati dan Hilangkan Bekas Luka karena Cacar Air

"Tetapi jika kita mengonsumsi terlalu banyak lemak, akan berdampak buruk seperti lemak trans, maka parameter darah seperti LDL (low-density lipo protein) dapat meningkat dan HDL (high-density lipoprotein) dapat menurun," tuturnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini