Apakah Kanker Payudara Bisa Diobati dengan Obat Herbal Alternatif? Begini Kata Dokter

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 19:04 WIB
Ilustrasi kanker payudara pada wanita

Ilustrasi kanker payudara pada wanita

LABVIRAL.COM - Banyak penderita kanker mencoba berbagai cara mengobati kanker payudara secara alami, termasuk dengan obat-obatan alternatif dari herbal. Bahkan banyak orang yang baik hati memberikan obat alternatif, jika seseorang terkena kanker payudara. Namun, apakah obat dan pengobatan alternatif boleh dikonsumsi oleh penderita kanker payudara?

Obat herbal berasal dari bagian tanaman, seperti minyak tumbuhan alami, akar, biji, daun hingga bunga. Jenis obat ini sudah lama dipercaya untuk mengobati beragam penyakit. Selain obat herbal, pengobatan alternatif juga dipercaya bisa menjadi cara lain untuk mengobati kanker payudara secara alami.

Akan tetapi, menurut Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi, Samuel Haryono, pengobatan tradisional di Indonesia memang banyak menyembuhkan kanker payudara, tetapi harus diteliti oleh ahli.

Baca Juga: 6 Cara Meninggikan Badan, Tidur Cukup hingga Aerobik

“Negara kita kaya akan sumber daya alam. Untuk Indonesia ini, obat alternatif menggunakan herbal sebaiknya diteliti dulu oleh ahli. Ada univesitas di Indonesia yang meneliti ini, tapi membutuhkan waktu yang lama untuk melihat efektivitas obat tradisional ini,” ujar Samuel kepada Labviral.com saat ditemui di Konferensi Pers Memperingati Hari Kanker Sedunia 2023 di Aryaduta Suites, Jakarta, baru-baru ini.

Oleh karena itu, menurut Samuel, jika ada kerabat atau kolega yang memberikan beberapa obat alterantif kepada orang atau kerabat yang terkena kanker payudara, boleh diterima tapi konsultasikan dulu dengan dokter terlebih dahulu.

“Jika ada yang kasih obat alternatif, terima saja dahulu karena niatnya baik. Tapi, konsultasikan dulu ke dokter,” jelas Samuel.

Baca Juga: Sering Disebut Kembar, Ternyata Dampak Rubella dan Campak Berbeda!

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hemato-Onkologi, Jeffry Beta Tenggara, pada kesempatan yang sama, mengatakan bahwa obat herbal alterantif perlu diteliti untuk melihat bagaimana efektifitas dan efek samping yang ditimbulkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini