Mengenal Asam Lambung GERD, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 19:20 WIB
Dokter dr.Indra Marki, Sp.PD - KGEH, FINASIM dari Eka Hospital BSD

Dokter dr.Indra Marki, Sp.PD - KGEH, FINASIM dari Eka Hospital BSD

LABVIRAL.COM - Asam lambung merupakan penyakit yang bisa kapan saja muncul dan mengganggu siapa saja untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Penyakit asam lambung dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. 

Berikut Labviral.com berikan penjelasan terkait penyakit asam lambung dan cara pengobatannya dilansir dari channel Youtube Eka Hospital, bersama dokter dr.Indra Marki, Sp.PD - KGEH, FINASIM dari Eka Hospital BSD. Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) sendiri merupakan kondisi dimana seseorang merasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

“GERD merupakan Asam lambung yang naik ke atas, naik ke tenggorokan atas, kalo ringan paling cuma nyeri dada, dadanya panas naik ke atas lagi ke tenggerokan bisa batuk-batuk, naik lagi ke hidung jadi pilek, naik lagi ke kuping berdengung-berdengung jadi pusing, itu GERD” ucap Dr. Indra dalam video yang diunggah Eka Hospital.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Somebody That I Used To Know' Cocok Untuk Kamu yang Masih Terbayang Cinta Lama

Lebih lanjut, dokter menjelaskan bahwa GERD bisa disebabkan oleh beberapa pemicu, mulai dari makanan, minuman sampai, sampai dengan lingkungan hidup dan kondisi psikis. 

“Pemicu asam lambung macam-macam ya, dari mulai makanan, makanan bisanya asem, pedes, kopi, teh, cokelat, minuman yang beralkohol. Alkohol itu bukan berarti bir saja ya, bisa juga duren, tape , ketan , anggur. Pemicu lain yaitu stress, pemicu selanjutnya asap rokok, meskipun seseorang tidak merokok namun dia hidup dilingkungan yang merokok, bisa menjadi pemicu asam lambung itu naik” tutur  Dr. indra.

Adapun lebih lanjut, Dr. Indra menjelaskan terkait penanggulangan sakit asam lambung sendiri bukan hanya dengan obat-obatan saja.

Baca Juga: Kenapa Orang Obesitas Berisiko Tinggi Kena Kanker Payudara? Ini Jawaban Dokter

“Untuk pengobatan gerd sebenarnya bukan hanya perkara obat-obatan saja, yang terpenting dalam pengobatan gerd yaitu satu pola makannya kedua pola hidupnya. Kenapa saya bilang harus pola makan, karena makannya harus dijaga, terutama dari makanan yang merangsang asam lambung, yang sudah saya jelaskan tadi, yaitu makanan asem, pedes, kopi, teh, cokelat, dan segala macam itu,” kata Dr. Indra lebih lanjut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini