Teh Kombucha Ternyata Memiliki Efek Samping yang Bisa Membuat Infeksi Sampai Alergi

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 19:27 WIB
Ilustrasi, proses fermentasi teh kombucha

Ilustrasi, proses fermentasi teh kombucha

LABVIRAL.COM - Seolah tengah naik daun, belakangan ini orang-orang tengah ramai membuat teh fermentasi yang dikenal dengan nama teh kombucha. Teh kombucha merupakan minuman fermentasi yang dibuat menggunakan tambahan bakteri dan ragi ke dalam campuran teh hitam atau hijau dan juga gula. 

Saat ini, minuman ini semakin populer karena dianggap sebagai sumber probiotik potensial, organisme hidup yang membantu menyeimbangkan flora usus.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa teh kombucha memiliki banyak manfaat, yaitu untuk menjaga sistem pencernaan, menurunkan risiko penyakit aterosklerosis, dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Baca Juga: Cara Merawat Bulu Kemaluan Agar Tak Gatal

Selain itu, teh kombucha juga memiliki kandungan yang memiliki manfaat sebagai antibakteri, memperbaiki mikroflora pada usus, meningkatkan sistem imun tubuh, serta menurunkan tekanan darah.

Terkait hal tersebut, dilansir dari channel Youtube Dr. Norman  Norawi, menjelaskan apa itu teh kombucha dan apa manfaatnya bagi tubuh. Penasaran, yuk disimak!

"Teh kombucha merupakan teh yang dihasilkan oleh proses fermentasi, dengan bahan mikroorganisme yang dikenal dengan nama scoby. Scoby sendiri merupakan singkatan dari Symbiotic Culture Bacteria and Yeast, di mana itu adalah bakteri khusus yang jika difermentasi dengan air teh menjadi teh kombucha, yang apabila dikonsumsi akan baik untuk kesehatan usus kita," jelas Dr. Norman dalam kanal Youtubenya.

Baca Juga: Chord Gitar 'The Only Exception' Buat Kamu Yakin Kalau Dia Cuma Buat Kamu

Teh kombucha sendiri memiliki cita rasa sedikit asam, keasaman tersebut merupakan hasil dari proses fermentasi yang dilakukan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini