Jika Menguasai 5 Jurus Ini, Kamu Sudah Bisa dengan Mudah Mengecat Kendaraan Sendiri

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 20 Mei 2023, 16:52 WIB
Jika Menguasai 5 Jurus Ini, Kamu Sudah Bisa dengan Mudah Mengecat Kendaraan Sendiri (FOTO: Instagram.com/toyota)

Jika Menguasai 5 Jurus Ini, Kamu Sudah Bisa dengan Mudah Mengecat Kendaraan Sendiri (FOTO: Instagram.com/toyota)

LABVIRAL.COM - Penampilan sebuah motor atau mobil sangatlah bergantung pada kulit luar dari kendaraan tersebut. Cat menjadi salah satu komponen kulit luar kendaraan yang tidak hanya berguna untuk memperindah desain tetapi juga menjadi karakter dari kendaraan tersebut. Maka dari itu, banyak penggemar otomotif yang memilih untuk mengecat kendaraannya secara mandiri.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik yang Bikin Mobil Mengkilap Kinclong

Pengen tahu cara cat motor secara mandiri? Yuk simak caranya dari Labviral.com.

1. Pilih warna

Langkah paling awal adalah memilih cat. Warna cat sangat bergantung dari setiap pemilik kendaraan. Pasalnya, warna cat ini juga berguna untuk merepresentasikan atau mewakili kepribadian atau karakter dari pemilik motor. 

2. Pastikan permukaan layak dicat

Sebelum mengecat, pastikan permukaan body motor atau mobil layak dicat. Permukaan yang layak dicat berarti permukaan tersebut sudah bersih dan halus. Contohnya adalah sebuah permukaan body harus melewat sejumlah modifikasi atau penyesuaian, mulai dari dikenteng sampai lurus dan halus hingga didempul sampai rata.

Baca Juga: Ini Guna Coating Cat Mobil di Musim Penghujan

3. Gunakan cat dasar 

Setelah melalui proses dempul, baru kemudian mulai dicat. Namun, sebelum memilih warna yang diinginkan, pastikan untuk menggunakan cat dasar terlebih dahulu yang biasanya berwarna putih. Dengan cat dasar warna putih, nantinya warna yang dipilih dapat terlihat lebih optimal. 

4. Baru terapkan cat warna

Pastikan untuk menerapkan cat dasar pada semua bagian body motor atau mobil yang ingin dicat warna. Jika sudah selesai, mulai terapkan cat warna yang diinginkan. Namun, jika cat warna yang diinginkan adalah hitam, maka gunakan cat dasar berwana gelap juga seperti hitam atau abu-abu.

Baca Juga: Cara Mudah Pertahankan Warna Mobil Putih Biar Tetap Kinclong

5. Clear coat atau pernis

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini