Cara Merawat Baterai Motor Listrik Biar Awet

Yusuf Tirtayasa
Jumat 02 Juni 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi motor listrik. (Sumber: Freepik

Ilustrasi motor listrik. (Sumber: Freepik

LABVIRAL.COM - Kehadiran motor listrik kian populer sebagai salah satu alternatif kendaraan ramah lingkungan. Salah satu komponen penting yang mempengaruhi kinerja motor listrik adalah baterainya. 

Untuk menjaga performa baterai dan kinerja motor tetap optimal, maka dibutuhkan perawatan baterai motor listrik dengan benar. Cara merawat baterai motor listrik bisa dibilang tidak terlalu sulit.

Dirangkum dari laman Adira, berikut cara merawat baterai motor listrik supaya awet.

1. Hindari mengisi ulang baterai dalam kondisi sangat rendah

Untuk menjaga performa baterai motor listrik, maka sebaiknya hindari mengisi ulang daya baterai dalam kondisi yang sangat rendah.

Terutama jika indikator berada di bawah angka 20 persen. Hal ini dapat merusak komponen dan mengacaukan kinerja baterai motor listrik. Dalam hal ini, kamu bisa mengisi isi ulang daya ketika kondisi baterai di posisi 25 persen hingga 80 persen agar performa baterai tetap prima.

Baca Juga: Biar Nggak Rugi, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Motor Listrik

2. Isi daya secara berkala

Cara merawat baterai motor listrik berikutnya adalah dengan mengisi daya baterai secara berkala dan teratur setiap hari atau dua hari sekali. Hal ini penting diperhatikan karena meskipun motor listrik jarang digunakan, tetapi baterainya tetap harus diisi ulang setidaknya setiap dua-tiga hari sekali demi menjaga performanya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini