Penyebab Aki Sepeda Motor Soak dan Cara Mencegahnya

Yusuf Tirtayasa
Kamis 08 Juni 2023, 21:07 WIB
Ilustrasi Aki Motor (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi Aki Motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain praktis dan ekonomis, sepeda motor dianggap praktis dalam menyelinap di jalur kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di perkotaan.  

Namun, sepeda motor juga memiliki beberapa masalah teknis yang sering ditemui oleh penggunanya, baik dari segi mesin, kelistrikan, maupun komponen lainnya. Salah satu masalah teknis yang sering ditemui pada kendaraan bermotor roda dua yakni komponen aki yang soak.

Aki soak adalah kondisi di mana aki atau baterai sepeda motor kehabisan daya listrik sehingga tidak dapat menghidupkan mesin atau lampu.

Baca Juga: 4 Cara Melewati Polisi Tidur Pakai Motor Matic Supaya Tetap Aman

Aki soak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia aki yang sudah tua, penggunaan lampu atau klakson secara berlebihan saat mesin mati dan kabel aki yang putus atau kendor.

Selain itu, alternator atau spul yang rusak dan penggunaan aki yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor juga dapat menyebabkan soak.

Cara mencegah aki soak adalah dengan selalu mengecek kondisi aki secara rutin dan mengganti aki jika sudah tua atau rusak dan tidak menggunakan lampu atau klakson secara berlebihan saat mesin mati.

Kemudian memastikan kabel aki terpasang dengan baik dan tidak ada yang putus atau kendor, melakukan servis alternator atau spul jika mengalami kerusakan, serta menggunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini