Apa Sih Sebenarnya Data Others di Smartphone Android yang Sering Berukuran Besar?

Yowan R
Selasa 20 Juni 2023, 17:21 WIB
Ilustrasi data di Others file smartphone Android (Sumber : thedroidguy.com)

Ilustrasi data di Others file smartphone Android (Sumber : thedroidguy.com)

LABVIRAL.COM - Di smartphone, penyimpanan internal sudah diklasifikasikan pada kategori masing-masing. Sehingga penggunanya dapat melihat berapa banyak penyimpanan yang digunakan pada masing-masing kategori file.

Contohnya penyimpanan dengan kategori aplikasi, gambar dan video yang memuat ukuran besaran penyimpanan yang berbeda. Dengan kategori tersebut pengguna dapat mengatur penyimpanan file di ponselnya agar tidak membuat penyimpanan HP terlalu penuh yang mengakibatkan menurunnya performa smartphone.

Data yang terdapat pada penyimpanan “Others” yang biasanya terdapat di penyimpanan internal smartphone Android ini justru menyimpan kapasitas yang lebih banyak sehingga sering berukuran jauh lebih besar daripada kategori penyimpanan file jenis lainnya.

Nah, data Others pada smartphone Android ini terkadang menjadi penyebab masalah performa smartphone yang digunakan menjadi lebih lambat karena penyimpanan yang cukup besar.

Lalu, apa kalian tahu apa itu data Others yang terdapat di smartphone Android?

Data Others di smartphone Android

Kategori data others termasuk dalam file sistem, cache, dan file sementara yang tidak termasuk dalam kategori penyimpanan lainnya. Data-data yang masuk dalam kategori “Others” biasanya tidak dapat dihapus secara langsung dari perangkat.

Pengguna dapat menghapus data tersebut dan mengelola cache data di beberapa aplikasi. Jika pengguna ingin mengecek data Others di smartphone Android yang digunakan, pengguna bisa langsung menuju menu pengaturan dan penyimpanan di ponsel dengan cara berikut ini.

  • Buka “Setelan/Pengaturan” di smartphone Android
  • Pilih “Tentang Perangkat”
  • Klik “Penyimpanan”
  • Nantinya file “Others/Lainnya” akan berada di bagian bawah penyimpanan.

Pengguna dapat melihat berapa banyak penyimpanan yang tersimpan di data “Others”

Jika data yang tersimpan terlalu besar, pengguna juga dapat menghapusnya dengan cara berikut.

Hapus data cache

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini