Tips Merawat Motor Sport Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

Aci
Jumat 28 Juli 2023, 16:07 WIB
Tips Merawat Motor Sport, Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

Tips Merawat Motor Sport, Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

LABVIRAL.COM - Motor sport adalah jenis sepeda motor yang memiliki bobot besar atau bertampang dan berpenampilan seperti motor balap yang tentunya memiliki performa di atas rata-rata sepeda motor jenis bebek atau skuter. 

Di Indonesia sendiri, motor sport mempunyai banyak varian dari berbagai jenis dan kebutuhan. Mulai dari bentuk yang berbeda sampai dengan kekuatan pacunya.

Hal tersebut disebabkan motor sport memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, lincah, gesit, dan akselerasi yang baik. Perbedaannya dengan motor bebek dan matik yaitu motor jenis sport selalu dilengkapi dengan kopling atau perpindahan gigi manual. Hal tersebut ditujukan untuk membantu pengendara dalam mengendalikan akselerasi.

Motor Sport juga tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk penggunaan balap dan kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan sepeda motor berjenis sport ini relatif membungkuk ke depan dan posisi kaki yang sedikit ke belakang, posisi tersebut digunakan pada sepeda motor seperti ini agar tekananan angin dari arah depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi. 

Baca Juga: Motor Aerox 2023: Spesifikasi, Harga dan Modifikasi

Bodi sepeda motor seperti ini juga memiliki jarak yang dekat dengan tanah yang menyebabkan sepeda motor ini rendah, hal ini dikarenakan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada kecepatan tinggi di sirkuit. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu: Honda CBR 250, Honda CBR 150, Kawasaki Ninja, dan masih banyak lagi.

Bermotor dengan motor sport, merupakan salah satu hobi untuk sebagian orang. Terutama kaum pria, biasanya kaum pria yang menggunakan motor sport akan menambah kesan macho dan tampan. 

Yap seperti karakter motor sport, yaitu macho, gagah dan tampan. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap laki-laki, untuk memilih motor sport sebagai tunggangannya.

Meskipun demikian, sebenarnya motor sport merupakan motor yang kurang cocok jika digunakan untuk keperluan sehari-hari.  Karea selain bobotnya yang besar perawatan motor ini juga tidak bisa sembarang, terdapat beberapa perlakukan khusus untuk merawat motor sport. 

Baca Juga: Mulai Rp8 Jutaan! Ini Daftar Harga Motor Listrik Uwinfly Lengkap dengan Spesifikasinya

Perlu diingat yap! meskipun motor sport gagah dan cowo banget motor sport tetap perlu dirawat dengan benar agar motor sport sobat viral selalu dalam keadaan prima, terutama bagian mesinnya!

Berikut, Labviral.com bagikan tips perawatan motor sport agar motor selalu dalam keadaan prima. Yuk disimak ya!

Menghidupkan mesin secara berkala

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa motor sport tidak cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari, terkadang motor sport hanya akan dipakai bila ingin touring, berpergian jauh, ataupun acara komunitas lainnya. 

Tapi sobat viral, perlu ingat! Meskipun motor ini akan lebih sering terparkir di garasi rumah kamu tetap sobat viral harus rajin untuk melakukan pemanasan pada mesinnya. 

Bagaimana caranya? 

Baca Juga: Update Harga Motor Sport Bekas 2023 Serta Tips Perawatannya

Caranya, yaitu dengan menghidupkan motor setiap hari lakukan dengan dua tahap ya, yaitu pertama panaskan mesin dengan waktu 10 menit dan kemudian 15 menit. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mesin selalu panas dan aliran oli akan terus berjalan. 

Lihat kondisi oli

Memiliki kapasitas pacu diatas motor lainnya, namun perlu diingat bahwa sama seperti motor lain pada umumnya, sobat viral harus rutin melakukan pengecekan terhadap oli mesin motor sport kamu. Ganti oli sebaiknya 2 bulan sekali, meskipun motor jarang digunakan.

Gunakan bahan bakar terbaik

Motor sport tentu saja berbeda dengan motor yang biasa digunakan sehari-hari, untuk itu dalam pemilihan bahan bakar jangan sampai sobat viral menggunakan bahan bakar yang kualitasnya kurang bagus.

Gunakan kualitas bahan bakar terbaik dengan jenis kelas tertinggi,hal tersebut untuk menjaga motor sport agar tetap prima dari dalam. Minimal gunakan Pertamax atau Pertamax Plus.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Vespa Lawas Beserta Rincian Perawatan Rutinnya

Cek tekanan angin

Sadar bahwa kendaraan jenis ini akan sering terparkir, untuk itu kamu harus rajin mengisi kondisi tekanan angin. Terlebih saat kendaraan akan kembali digunakan, perhatikan kondisi tekanan angin dahulu ya. 

Cek rantai dan aki

Komponen ini merupakan komponen yang tidak kalah penting karena menjadi komponen inti bagi bergeraknya kendaraan motor sport. Penting untuk sobat viral selalu perhatikan kondisi dan kelayakannya agar tetap nyaman digunakan dengan cara melihat apakah rantai sudah terlihat kendur atau berkarat. 

Lakukan servis secara rutin

Yang terakhir merupakan hal wajib yang sebaiknya kamu lakukan, untuk penggunaan wajar, servis motor bisa dilakukan satu bulan sekali. Jika sudah menyentuh 15,000 km, servis motor harus segera dilakukan untuk dilakukan pengecekan secara keseluruhan. 

Nah itu dia sobat viral tips perawatan motor sport yang harus kamu lakukan, lakukan dengan benar ya, demi keamanan dan kenyamanan kamu saat bermotor dengan motor sport kesayangan kamu.  Semoga bermanfaat ya.[]

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini