Biar Hemat Bensin, 10 Bagian Motor Ini Bisa Diatur Biar Motor Gak Boros

Annisa Fadhilah
Kamis 10 Agustus 2023, 16:37 WIB
Biar Hemat Bensin, 10 Bagian Motor Ini Bisa Diatur Biar Motor Gak Boros (FOTO: Lazada.co.id)

Biar Hemat Bensin, 10 Bagian Motor Ini Bisa Diatur Biar Motor Gak Boros (FOTO: Lazada.co.id)

LABVIRAL.COM - Saat ini, beberapa model motor sudah diatur oleh pabrikan agar tak terlalu banyak mengonsumsi BBM alias bensin.

Meski begitu, bagi kamu pemilik motor, mungkin terpikir membuat motor kesayanganmu menjadi lebih irit dan tidak boros bensin.

Bagi kamu yang ingin motormu lebih irit bensin, ada beberapa bagian motor yang perlu disetting agar kendaraan roda dua kamu tak terlalu banyak mengonsumsi bensin.

Baca Juga: Ini Fungsi Filter Bensin Mobil dan Cara Membersihkannya dengan Mudah

Pengaturan ini bisa dilakukan sendiri, tetapi bisa juga dibawa ke bengkel jika dirasa cukup merepotkan. Berikut 10 bagian motor yang bisa diatur agar lebih hemat bensin.

Atur Kerapatan Klep

Ilustrasi sil klep sepeda motorIlustrasi sil klep sepeda motor

Klep (dalam bahasa yang lebih resmi adalah katup atau valve) merupakan komponen yang berfungsi mengatur campuran udara dan bahan bakar yang akan dibakar dalam ruang bakar mesin.

Dengan diatur agar bukaannya lebih sempit, maka semburan dari bensin lebih sedikit sehingga diharapkan konsumsinya relatif lebih irit bensin.

Namun bila terlalu sempit, sepeda motor juga tidak akan memiliki tenaga yang kuat. Jadi, klep ini perlu diatur ke posisi yang ideal. Pengaturan klep ini hanya berlaku untuk sepeda motor 4 tak. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini