Cara Atasi Motor Mogok Mendadak Selain Kehabisan Bensin

Aci
Rabu 26 April 2023, 16:19 WIB
Tips Atasi Motor Mogok Mendadak

Tips Atasi Motor Mogok Mendadak

LABVIRAL.COM - Motor mogok di jalan secara tiba-tiba, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti kerusakan pada busi, kehabisan bensin sampai dengan kerusakan pada beberapa komponen. 

Saat hal tersebut terjadi, tentu saja kamu harus tahu cara menanggulanginya. Berikut Labviral.com jelaskan tips atasi motor mogok secara tiba-tiba di jalan. Yuk, disimak!

Karena bahan bakar

Motor yang mogok akibat kehabisan bahan bakar, tentu saja kamu dapat mengatasinya hanya dengan cara mengisi bahan bakar, sehingga motor kembali bisa berjalan.

Baca Juga: Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan

Untuk mengantisipasi motor mogok di jalan akibat kehabisan bahan bakar, sebaiknya sebelum digunakan, dilakukan pengecekan dengan membuka tangki bensin terlebih dahulu.

Apalagi bagi kendaraan yang indikator bensinnya sudah mati, hal ini semakin penting. Tentu tujuannya agar motor tidak kehabisan bensin saat di perjalanan yang jauh dari tempat pengisian bahan bakar. 

Karena busi yang rusak

Jika motor kamu mogok karena busi yang bermasalah, kamu dapat mengatasinya dengan cara mengecek kondisi busi tersebut apakah masih berfungsi atau tidak. 

Adapun tindakan yang bisa kamu lakukan yaitu membersihkan kepala busi, dengan cara menggosoknya. kemudian kembali nyalakan mesin sambil mendekatkan busi ke bagian mesin.

Baca Juga: Kiprok Motor Rusak, Ini Sebab dan Cara Memperbaikinya

Apabila terjadi percikan api biru, maka busi masih berfungsi dan bisa segera dipasang kembali. Tetapi, bila sudah tidak ada percikan api yang timbul, maka harus dilakukan penggantian busi yang baru, karena itu berarti busi sudah tidak bisa berfungsi.

Selain itu, kamu juga disarankan melakukan pengecekan pada bagian selang busi. Perhatikan apakah selang busi tersumbat oleh kotoran atau tidak. Apabila busi masih bisa berfungsi, tetapi mesin sudah tidak bisa menyala, bisa jadi ada kotoran yang menyumbat di dalamnya, sehingga percikan api tidak bisa sampai pada mesin motor.

Setelah itu kamu disarankan untuk mengoleskan sedikit oli atau pelumas pada lubang tempat busi, untuk melumasi piston yang tersumbat dan menyebabkan motor mogok, lalu mesin bisa kembali dinyalakan.

Karena mesin terlalu panas

Mesin yang terlalu panas tentu saja berbahaya. Jika motor mati karena mesin yang terlalu panas, tentu saja cara menanggulanginya adalah kamu harus mendinginkan mesin mobil tersebut.

Caranya, mengistirahatkan mesin dengan cara menghentikan kendaraan, hingga mesin motor benar-benar dingin.

Baca Juga: Komponen Ini Jadi Kunci Utama Saat Motor Mogok di Musim Hujan, Segera Ganti Jika Rusak!

Setelah mesin benar-benar dingin, maka kendaraan bisa kembali digunakan dan perjalanan bisa dilanjutkan lagi. Tetapi sebelumnya, bisa dilakukan pengecekan dengan melepas busi. Hal ini dilakukan setelah mesin benar-benar dingin.

Untuk mengantisipasi kendaraan mogok akibat mesin yang terlalu panas, sebaiknya kamu tidak melakukan perjalanan jauh tanpa beristirahat. Sebaiknya beristirahatlah di tengah perjalanan, agar bisa memberi kesempatan kepada mesin motor untuk istirahat, sehingga tidak akan mogok karena mesin terlalu panas.

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat menyebabkan motor mogok mendadak. Semoga bermanfaat, ya.[]

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan

Sabtu 25 Maret 2023, 11:24 WIB
Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan
Tech

Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan

Sabtu 25 Maret 2023, 11:24 WIB
Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan
Tech

Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan

Sabtu 25 Maret 2023, 11:24 WIB
Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan
Berita Terkini