Kiprok Motor Rusak, Ini Sebab dan Cara Memperbaikinya

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:56 WIB
Illustrasi Kiprok Motor (Sumber : astramotor.co.id)

Illustrasi Kiprok Motor (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM- Kiprok sepeda motor adalah salah satu komponen dari sistem kelistrikan. Kiprok ini bisa juga disebut dengan regulator ataupun rectifier. 

Kiprok berperan sangat penting pada sistem kelistrikan pada sepeda motor. Fungsi kiprok ini menstabilkan arus maupun tegangan listrik sebelum disalurkan ke dalam aki. 

Karena itu, jika kiprok mengalami kerusakan maka sistem kelistrikan yang ada akan menjadi kurang optimal bahkan sepeda motor tidak dapat hidup jika kiproknya mengalami kerusakan.

Sebelum kamu mengetahui penyebab rusaknya dan cara memperbaiki kiprok, ada baiknya kamu mengetahui dahulu apa fungsi dari kiprok. Inilah fungsi dari kiprok yang telah kami rangkum agar kamu mudah memahaminya.

Fungsi Kiprok

Untuk mengetahui fungsi dari kiprok pada sepeda motor kamu harus terlebih dahulu apa itu kiprok. Kiprok adalah salah satu komponen sistem kelistrikan pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penstabil listrik dan sumber distribusi arus listrik yang dihasilkan oleh spull kelistrikan.  

Kiprok juga mengubah tegangan AC menjadi DC yang kemudian dialirkan untuk pengisian arus listrik pada aki sepeda motor. Maka dari itu kiprok memberikan pengaruh yang besar pada kinerja aki pada sepeda motor yang kamu miliki.

Baca Juga: Sayang Motor, Ini 4 Rekomendasi Busi Terbaik untuk Motormu

Kiprok yang rusak akan menghambat kinerja aki menjadi tidak optimal bahkan akan menyebabkan kerusakan pada aki dan komponen kelistrikan lainnya. 

Aki akan menjadi soak, tekor, atau parahnya lagi aki menjadi rusak total dan mengakibatkan motor tidak dapat dinyalakan sama sekali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini