Lakukan Hal Ini Saat Lampu Indikator Aki di Motor Honda Menyala Terus!

Yowan R
Kamis 23 Maret 2023, 06:20 WIB
Ilustrasi lampu indikator aki pada Honda Vario 160 (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi lampu indikator aki pada Honda Vario 160 (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Lampu indikator aki pada panel instrumen motor Honda yang menyala terus memang menandakan jika terjadi masalah. Tapi kamu nggak perlu panik, karena Rodanesia.com akan memberikan solusinya.

Saat lampu indikator aki pada motor Honda menyala terus meskipun motor sedang digunakan, kamu bisa melakukan beberapa hal yang akan Rodanesia.com jelaskan.

Baca Juga: Aki Motor Tidak Mengisi, Ada yang Rusak Tuh!

Sebenarnya, indikator aki yang menyala terus pada sepeda motor Honda ini menandakan jika aki mulai lemah. Aki yang lemah ini biasanya akan memiliki tegang kurang dari 11,4 volt sehingga indikator aki menjadi menyala.

Tegangan sebesar 11,4 volt pada aki motor sebenarnya masih bisa digunakan untuk menyalakan mesin, hanya saja lampu indikatornya akan menyala hingga tegangan aki kembali normal diatas 11,4 volt.

Pada aki motor yang masih bagus dan hanya tekor saja, umumnya disebabkan karena motor jarang digunakan dan jarang dipanasi. Jika kondisinya seperti itu, maka lampu indikator akinya otomatis akan mati saat terjadi proses pengisian aki.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aki Kering Rp200 Ribuan, Buat Kamu Si Gak Mau Ribet Rawat Aki

Tapi, jika proses pengisian berlangsung namun indikator aki tetap menyala maka solusinya adalah melakukan pengisian ulang aki menggunakan charger atau setruman aki pada bengkel yang menyediakan.

Karena, jika aki semakin drop atau tekor akan lebih merepotkan karena tidak kuat untuk menyalakan mesin. Apalagi pada sepeda motor yang tidak memiliki kick starter seperti Honda PCX.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini