Tips Ampuh Bikin Baterai Motor Listrik Usia Pakainya Makin Panjang

Yowan R
Jumat 24 Maret 2023, 16:20 WIB
Ilustrasi baterai motor listrik (Sumber : e-viar.com)

Ilustrasi baterai motor listrik (Sumber : e-viar.com)

LABVIRAL.COM - Baterai pada motor listrik umumnya memiliki usia pakai normal di kisaran waktu 4 hingga 5 tahun pemakaian. Usia pakai tersebut sebenarnya masih bisa lebih lama lagi jika perawatannya benar.

Lalu, cara apa saja yang bisa bikin usia pakai baterai motor listrik jadi lebih lama?

Salah satu caranya adalah mengatur kebiasaan saat melakukan pengisian daya baterai atau charge. Pastikan, saat melakukan pengecasan baterai motor listrik jangan sampai kondisi baterai hampir habis. Usahakan untuk melakukan pengecasan saat baterai masih kondisi 30 % hingga 40 %.

Baca Juga: Ini Piaggio Ape Electric, Motor Listrik Roda 3 dari Piaggio, Apa Kerennya Ya?

Hindari untuk melakukan pengecasan baterai dengan menunggu kapasitas baterai berada dibawah 20 % supaya usia pakai baterai motor listrik bisa lebih panjang. Karena, saat baterai berada pada kapasitas dibawah 20 % bisa membuat sel-sel baterai bekerja lebih berat.

Jika sel-sel baterai dibiarkan bekerja lebih berat terlalu sering, tentu saja bisa memperpendek usia pakai baterai. Seperti halnya baterai pada smartphone, baterai yang digunakan pada motor listrik juga akan rusak jika terlalu sering kehabisan daya.

Baca Juga: Tidak Semua Dapat, Ini Kriteria Penerima Subsidi Motor Listrik

Nah, itulah tadi cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk memperpanjang usia pakai baterai pada motor listrik. Minimal, dengan menerapkan cara tersebut usia pakai baterai motor listrik bisa lebih panjang sekitar 6 bulan atau lebih dari usia pakai baterai motor listrik pada umumnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini