Benarkah Tekanan Ban Akan Lebih Awet Jika Diisi Nitrogen?

Yowan R
Kamis 10 Agustus 2023, 21:18 WIB
Ilustrasi ban mobil yang diisi dengan nitrogen (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi ban mobil yang diisi dengan nitrogen (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Penggunaan nitrogen pada ban mobil, tak sedikit yang menganggap memiliki banyak kelebihan. Banyak yang mengatakan isi angin nitrogen pada ban mobil ini membuat ban mobil menjadi lebih awet.

Sebab, ban mobil yang diisi dengan nitrogen diklaim lebih stabil dibandingkan dengan tekanan ban mobil yang diisi dengan angin biasa. Nitrogen ini mampu menjaga kestabilan temperatur ban terhadap panas.

Hal ini karena nitrogen merupakan unsur udara yang sifatnya inert gas, sehingga tidak terpengaruh perubahan temperatur dan panas dari roda yang bergulir. Titik didih nitrogen ini ada di -195 derajat celcius, sementara untuk angin biasa -183 derajat celcius.

Sifat dari nitrogen inilah yang diyakini tidak membuat cepat panas dan komponen karet ban tetap terjaga, serta kestabilan temperatur yang menjaga tekanan angin ban nitrogen tidak berubah-ubah.

Selain itu, angin nitrogen juga lebih kering, berbeda dengan angin biasa yang masih mengandung partikel air dari udara. Khusus pada ban-ban jens tubeless, angin nitrogen ini mampu meminimalisir risiko terjadinya karat karena kondensasi.

Salah satu hal yang mempengaruhi keawetan ban adalah suhu panas. Ban mobil mendapat dua sumber panas dari luar dan rongga udara di dalam ban mobil. Suhu panas dari luar dihasilkan dari gesekan tapak ban di permukaan jalan. Gesekan yang menghasilkan panas dapat mempengaruhi elastisitas kompon karet ban jadi mengeras.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini