7 Penyebab Oli Mobil Cepat Habis yang Perlu Dihindari, Agar Berkendara Lebih Nyaman dan Mobil Tetap Awet Bertenaga

Annisa Fadhilah
Jumat 11 Agustus 2023, 17:30 WIB
7 Penyebab Oli Mobil Cepat Habis yang Perlu Dihindai, Agar Berkendara Lebih Nyaman dan Mobil Tetap Awet Bertenaga (FOTO: Freepik)

7 Penyebab Oli Mobil Cepat Habis yang Perlu Dihindai, Agar Berkendara Lebih Nyaman dan Mobil Tetap Awet Bertenaga (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Apakah kamu pernah mengalami oli mesin mobil cepat habis secara tiba-tiba meski mobil jarang digunakan? Lalu, apa penyebab oli mobil cepat habis dan bagaimana cara mengatasinya?

Diketahui, oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk melumuri bagian komponen mesin mobil agar tidak aus ketika bergesekan.

Penyebab oli mobil cepat habis, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa dilihat pada mobil.

Baca Juga: Mercedes AMG SL 43 Dirilis di GIIAS 2023 Berbanderol Rp3,2 M, Mari Intip Spesifikasi Gokilnya

Sangat wajar jika oli mesin pada mobil berkurang. Secara umum, oli mesin akan berkurang 10% pada saat digunakan atau penggantian oli dari volume total oli. Namun apabila oli mobil sangat boros, bisa jadi disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

Seal Mesin Mengalami Kebocoran

Faktor yang menyebabkan oli mesin mobil bisa cepat habis, bisa terjadi akibat adanya kebocoran mesin. Kebocoran mesin sebenarnya merupakan kebocoran yang terjadi di seal packing yang posisinya berada di sela bagian sambungan mesin.

Pada semua kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor, menggunakan seal pada bagian sambungan mesin. Dikarenakan pemakaian yang cukup lama, seal tersebut akan mengeras, dan bisa berakibat seal mengalami robekan.

Akibat rusaknya seal di bagian sambungan mesin inilah, oli mesin cepat mengalami penguapan dan perlahan akan habis.

Baca Juga: Cuma Dibuat 12 Unit, Mobil Listrik Mercedes Benz EQS Edition 1 yang Mejeng di GIIAS 2023 Jadi Puncak Kemewahan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini