Estimasi Biaya Perawatan Motor Honda Beat Selama Satu Tahun, Ternyata Cuma 300 Ribuan Loh!

Aci
Senin 21 Agustus 2023, 23:15 WIB
Estimasi Biaya Perawatan Motor Honda Beat Selama Satu Tahun, Ternyata Cuma 300 Ribuan Loh! (FOTO: olx.co.id)

Estimasi Biaya Perawatan Motor Honda Beat Selama Satu Tahun, Ternyata Cuma 300 Ribuan Loh! (FOTO: olx.co.id)

LABVIRAL.COM - Honda Beat sudah menyandang gelar sebagai motor sejuta umat. Motor mungil dan ramping ini memang paling pas digunakan untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari. Sama seperti motor lainnya, motor Beat juga perlu dilakukan perawatan, terutama pada satu tahun pertama setelah pembelian.

Berbicara perawatan motor terlebih pada tahun pertama pembelian, tahukah kamu seberapa penting hal tersebut? 

Perlu diingat bahwa perawatan motor pada tahun pertama pembelian merupakan hal yang sangat penting. Kamu akan dianjurkan untuk melakukan servis sekaligus mengganti oli saat sudah mencapai kilometer 1.000 atau 1 bulan pertama pemakaian sepeda motor.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Mesin Berkualitas yang Cocok untuk Honda BeAT

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Penggantian oli wajib dilakukan pada bulan pertama pemakaian, untuk membuang kotoran hasil gesekan komponen mesin seperti piston, ring piston dan blok yang tertinggal. Untuk motor yang sudah cukup lama digunakan, oli motor tetap harus diganti secara berkala sesuai dengan pemakaiannya.

Adapun perawatan yang dilakukan, berupa pengecekan dan penggantian oli pada waktu-waktu tertentu. Berikut ini Labviral.com siapkan rincian biaya perawatan motor Honda Beat selama satu tahun. Yuk, disimak! 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Modifikasi Tampilan Honda Beat Sreet Hitam yang Enak Dipandang

Umumnya pada tahun pertama, service motor akan gratis di bengkel resmi motor itu sendiri, termasuk motor Honda Beat. Pada tahun pertama untuk service, tidak akan dikenakan biaya. Kamu akan dikenakan biaya untuk penggantian oli dan komponen saja.

Adapun komponen yang perlu diganti meliputi busi setiap kali memasuki 8.000 km dengan harga Rp17.000, filter udara tiap 12.000 km Rp54.000, dan oli gardan tiap 8.000 km Rp17.000.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Beat Bekas Terbaru 2023, Jenis Motor Bekas Paling Laris Lho!

Sedangkan untuk pergantian oli mesin, dilakukan setiap 2.000 km. Adapun untuk motor Honda Beat, oli mesin yang pas digunakan yaitu MPX 2 seharga Rp47.000. Sehingga selama setahun atau 12.000 km, perlu ganti oli mesin sebanyak 6 kali. Perlu diingat, umumnya untuk pergantian pertama kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis.

Berikut Rincian estimasi biaya service motor Honda Beat selama satu tahun pertama:

Baca Juga: Oprek Sedikit Mesin Honda Beat Karburatormu, Bikin Tenaga Meningkat Signifikan, Ayo Coba!

Daftar Komponen Periode Penggantian Harga

  • Busi 8.000 km Rp17.000
  • Filter udara 12.000 km Rp54.000
  • Oli gardan 8.000 km Rp17.000  
  • Oli mesin 2.000 km Rp47.000x5= 235.000
  • Total Rp 323.000

Nah, itu dia estimasi dan penjelasan terkait service motor Honda Beat dalam kurun waktu 1 tahun. Semoga bermanfaat, ya!***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini