Deretan Kondisi Motor yang Gampang Digondol Maling

Yowan R
Senin 21 Agustus 2023, 20:33 WIB
Ilustrasi aksi pencurian sepeda motor di lokasi yang sepi (Sumber : instagram.com/binjaihitz)

Ilustrasi aksi pencurian sepeda motor di lokasi yang sepi (Sumber : instagram.com/binjaihitz)

LABVIRAL.COM - Para pengendara sepeda motor yang sering memarkirkan motornya di lokasi-lokasi yang terbuka atau tidak dijaga oleh pihak pengelola parkir pasti sangat khawatir di jika motornya menjadi sasaran maling motor.

Sebab, untuk melancarkan aksi pencurian sepeda motor (curanmor), maling biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik saja. Para pelaku curanmor atau maling ini akan melancarkan aksinya dengan mempertimbangkan beberapa situasi agar aksinya dapat berjalan lancar.

Karena itu, para pemilik sepeda motor harus tahu bagaimana cara untuk mencegah agar motornya tidak menjadi sasaran pencurian oleh maling. Pencegahan ini bisa dilakukan seperti mengunci stang, menggembok piringan cakram, hingga memasang alarm.

Meskipun sudah menggunakan pencegahan seperti diatas, biasanya maling masih tetap dapat menggondol sepeda motor korbannya, asalkan situasi dan kondisinya memungkinkan.

Maling sepeda motor, biasanya akan mengincar sepeda motor dengan kondisi seperti di parkir sembarangan di pinggir jalan. Terlebih jika motor yang di parkir di pinggir jalan ini tidak memiliki sistem keamanan ganda.

Kondisi motor yang sering menjadi sasaran oleh maling selanjutnya adalah motor yang di parkir di lokasi yang gelap. Kemudian, motor dengan kondisi yang tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. 

Selain beberapa hal di atas, maling motor juga biasanya akan mencari target sepeda motor yang di parkir di tempat parkir liar yang tidak memiliki penjagaan ketat.

Dari beberapa kondisi diatas, satu hal yang paling menjadi pertimbangan maling motor adalah kesempatan. Karena, saat maling telah menargetkan sebuah motor, meskipun di parkir di tempat yang aman sekalipun, asalkan pelaku memiliki memiliki kesempatan motor tersebut pasti akan raib juga.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada kalian, maka kalian perlu mengantisipasinya dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah menambah kunci ganda SNI, menambah alarm serta GPS untuk mengantisipasi jika motor berhasil di gondol maling. Dengan GPS, maka motor yang di gondol maling ini masih dapat terlacak di mana lokasi terakhirnya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini