Cara Menjaga dan Mengisi Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama, Mirip-mirip Menjaga Baterai HP Loh!

Aci
Selasa 22 Agustus 2023, 14:58 WIB
Cara Menjaga dan Mengisi Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama, Mirip-mirip Menjaga Baterai HP Loh! (Sumber : e-viar.com)

Cara Menjaga dan Mengisi Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama, Mirip-mirip Menjaga Baterai HP Loh! (Sumber : e-viar.com)

LABVIRAL.COM - Baterai menjadi jantung bagi motor listrik. Maka sangatlah penting menjaga kesehatan baterai tersebut, agar motor listrik dapat digunakan dengan performa terbaiknya.

Sebab jika baterai rusak atau habis, maka kendaraan tidak bisa digunakan atau beroperasi. Saat ini, industri otomotif Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi, dimana masyarakat sudah mulai ramai menggunakan kendaraan listrik dari yang sebelumnya hanya kendaraan konvensional.

Baca Juga: Mahasiswa ITS Kembangkan Mobil Listrik Anargya EV Mark 3.0, Ini Spesifikasinya

Kendaraan listrik memang dianggap jauh lebih aman bagi lingkungan, terlebih saat ini beberapa wilayah Indonesia tengah waspada karena mengalami polusi berat, sehingga kendaraan listrik dianggap sebagai salah satu pilihan tepat untuk mengurangi polusi tersebut.

Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa baterai merupakan jantung bagi kendaraan listrik. Untuk itu, penting bagi kamu menjaga dan merawat baterai agar awet dan tahan lama.

Baca Juga: Apa Saja Kesalahan Pemula Saat Mengoperasikan Motor Listrik?

Lantas, bagaimanakah caranya agar baterai motor listrik awet dan tahan lama? berikut ini Labviral.com punya tips agar baterai motor listrik kamu awet dan tahan lama. Yuk, simak tips berikut ini!

Waktu pengisian

Untuk pengisian baterai motor listrik, kamu perlu memperhatikan waktu pengisian baterai itu sendiri. Jangan lakukan pengisian daya saat daya baterai sudah melemah. Hal ini sama dengan pengisian daya hp, bukan? Dimana sebaiknya lakukan pengisian daya sebelum daya benar-benar drop. 

Gunakan charger original 

Saat kamu membeli motor listrik, pastinya kamu akan mendapatkan charger untuk mengisi daya motor tersebut. Nah, sangat penting untuk kamu merawat charger tersebut jangan sampai rusak, karena charger keluaran pabrikan motor tersebut pasti sudah disesuaikan, mulai dari daya sampai dengan spesifikasinya. 

Baca Juga: Dilarang di Jalan Raya, di Mana Sebaiknya Sepeda Listrik Boleh Dikendarai?

Jika kamu ingin mengganti charger, ingat dan perhatikan spesifikasi charger. Pastikan kamu menyesuaikan dengan kebutuhan dari motor tersebut. Charger yang sesuai dan pas akan sangat berpengaruh pada tingkat keawetan baterai. 

Jangan over waktu pengisian 

Tips selanjutnya yaitu saat ingin melakukan pengisian daya baterai, pastikan kamu tidak meninggalkan motor dengan waktu yang lama, sampai waktu pengisian over atau berlebihan. Waktu pengisian yang berlebihan akan menyebabkan baterai mudah bocor sehingga baterai mudah lowbat.

Baca Juga: Bongkar Spesifikasi Segway N100-ER, Skuter Listrik Dibanderol Rp50 Jutaan

Bersihkan baterai

Selain membersihkan motor, kamu juga harus memperhatikan kebersihan baterai. Lakukan pengecekan dan pembersihan baterai minimal 3 bulan sekali, agar baterai dapat bekerja dengan maksimal. 

Nah, itu dia tips agar baterai motor listrik awet dan tahan lama. Jadi mulai sekarang diterapkan, agar baterai motor kamu awet dan tahan lama. Oh iya, jika motor listrik kamu jarang digunakan, pastikan kamu tetap melakukan pengisian daya, minimal satu bulan sekali. Semoga bermanfaat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini