Ini Fungsi Air Radiator Mobil Sekaligus Komponen Radiatornya, Pahami Dulu Meski Belum Punya Mobil

Aci
Selasa 22 Agustus 2023, 15:06 WIB
Ini Fungsi Air Radiator Mobil Sekaligus Komponen Radiatornya, Pahami Dulu Meski Belum Punya Mobil (FOTO: Istockphoto.com)

Ini Fungsi Air Radiator Mobil Sekaligus Komponen Radiatornya, Pahami Dulu Meski Belum Punya Mobil (FOTO: Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Setiap manusia bertanggung jawab atas dirinya sendiri, termasuk urusan keselamatan juga kenyamanan dalam berkendara. Keselamatan dan kenyamanan saat berkendara sangat penting bagi setiap pengendara.

Salah satu upaya menjaga kesehatan dan kenyamanan dalam berkendara, tentu saja dengan memperhatikan dan merawat setiap komponen yang ada dalam kendaraan itu sendiri. Terutama bagi pengendara roda empat atau mobil.

Baca Juga: Air Radiator Mobil Kenapa Beda-beda Warna Ya Gaes?

Karena dibandingkan dengan motor, mobil memiliki komponen yang jauh lebih banyak, untuk lebih diperhatikan.

Jika setiap komponen kendaraan terawat dengan baik dan benar, maka kenyamanan berkendara akan dirasakan. Dan lagi jika kenyamanan sudah didapatkan, tentu saja berkendara akan jauh lebih aman.

Salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam keamanan adalah air radiator mobil. Air radiator mobil merupakan cairan pendingin untuk radiator mobil. Sedangkan radiator ialah mesin atau alat penukar panas yang berguna untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya.

Baca Juga: Tutup Air Radiator Itu Penting Dirawat Loh Bro!

Adapun lebih jelasnya, air radiator mobil berfungsi untuk memindahkan kalori panas dari mesin mobil ke udara. Dimana nantinya radiator akan mengalirkan air, atau biasa juga disebut coolant, ke saluran yang sudah terpasang mengelilingi mesin mobil.

Pentingnya memperhatikan air radiator mobil ini karena mesin mobil seringkali mengalami overheating atau kenaikan suhu jika terus menerus dinyalakan.

Overheat merupakan kondisi dimana mesin motor mengalami panas yang berlebihan. Jika kondisi mobil mengalami panas berlebih, tentu saja itu akan sangat merugikan. Karena jika mobil mengalami overheat, akan menyebabkan internal mesin menjadi melengkung. Terutama kepala silinder yang akan mengalami kerusakan.

Baca Juga: Perbedaan Air Purifier dan Humidifier untuk Kesehatan

Tentu saja itu akan sangat tidak nyaman, dan butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Untuk itu air radiator mobil menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan.

Setelah mengetahui manfaat air radiator, penting juga untuk kamu mengetahui apa saja komponen-komponen yang terdapat dalam radiator. Komponen yang terdapat di dalam radiator ini berfungsi sebagai pendorong air radiator untuk dapat berfungsi secara maksimal.

Berikut, Labviral.com merangkum komponen-komponen yang terdapat dalam radiator. Yuk, disimak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Jangan Asal! Begini Cara Isi Air Radiator yang Benar 

Upper tank

Upper tank merupakan sebuah tempat penampung air yang membawa suhu panas. Upper memiliki bentuk panjang yang terletak pada bagian atas radiator.

Radiator core

Radiator core menjadi komponen inti dalam mesin radiator yang memiliki bentuk berupa pipa kecil yang memiliki lubang di sekelilingnya. Radiator core berfungsi menyalurkan panas dari air yang telah melewati mesin ke udara luar. 

Lower tank

Lower tank akan menjadi tempat penampungan air setelah air tersebut melewati proses pendinginan, dan akan disalurkan kembali untuk menyerap panas. Lower tank berada di bagian bawah radiator.  

Baca Juga: Bisa Overheat, Ini 3 Tanda Radiator Mobil Bocor

Sirip radiator

Terletak pada bagian tengah mesin radiator, berfungsi sebagai pembantu core dalam pelepasan panas dari air menuju ke udara.

Drain plus

Terletak di bawah radiator pada lower tank dan berperan sebagai komponen penguras air pendingin.

Radiator cap

Sebagai tutup radiator, radiator cap memiliki fungsi lubang radiator, juga mengatur tekanan, dan tempat pengisian air. Selain itu, radiator cap juga berfungsi sebagai penutup radiator agar tidak terjadi kebocoran pada radiator mobil.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini