Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Memanaskan Motor Sebelum Digunakan?

Yowan R
Selasa 22 Agustus 2023, 21:41 WIB
Ilustrasi memanaskan motor (Sumber : wahanahonda.com)

Ilustrasi memanaskan motor (Sumber : wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Memanaskan sepeda motor merupakan salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh pemilik dan pengendara motor. Umumnya, memanaskan sepeda motor ini dilakukan setiap pagi sebelum mulai beraktivitas menggunakan motornya.

Tapi, biasanya para pemilik dan pengendara motor ini masih melakukan kegiatan memanaskan motornya dengan cara dan waktu yang kurang tepat.

Lalu,bagaimana sih cara memanaskan motor yang benar dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk memanaskannya? Agar tidak salah lagi saat memanaskan motor, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Cara memanaskan motor

Memanaskan motor ini bertujuan untuk membuat berbagai komponen mesin mendapatkan sirkulasi oli atau pelumas sebelum mesin digunakan untuk waktu yang lama. Dengan adanya sirkulasi oli yang lancar, maka mesin akan mampu berfungsi dengan baik saat digunakan.

Nah, saat memanaskan motor ini pastikan untuk tidak memainkan gas secara ekstrim. Hindari menggeber-geber gas terlalu dalam. Sebab, saat mesin motor baru dipanaskan sirkulasi oli belum sempurna. Sehingga saat gas diputar terlalu dalam justru dapat berpotensi merusak komponen mesin.

Waktu ideal saat memanaskan motor

Untuk waktu yang dibutuhkan saat memanaskan motor sebenarnya tidak perlu terlalu lama. Meskipun demikian, masih banyak yang mengira jika memanaskan motor ini membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, ada juga yang menganggap jika semakin lama waktu memanaskan motor maka hasilnya akan semakin baik.

Padahal, pendapat tersebut tidaklah tepat. Untuk memanaskan motor, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar dua hingga lima menit saja.  Sementara itu, untuk memanaskan motor jenis matic kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik saja.

Waktu paling maksimal untuk memanaskan motor adalah 30 menit. Pastikan untuk tidak memanaskan motor dengan waktu yang lebih lama dari 30 menit.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini