Sebelum Ada yang Jadi Korban, Ini Ciri-ciri Rem Blong pada Bus dan Truk, Lengkap dengan Cara Merawat Remnya

Annisa Fadhilah
Jumat 25 Agustus 2023, 14:29 WIB
Sebelum Ada yang Jadi Korban, Ini Ciri-ciri Rem Blong pada Bus dan Truk, Lengkap dengan Cara Merawat Remnya (FOTO: Autofun)

Sebelum Ada yang Jadi Korban, Ini Ciri-ciri Rem Blong pada Bus dan Truk, Lengkap dengan Cara Merawat Remnya (FOTO: Autofun)

LABVIRAL.COM - Kecelakaan maut truk tangki air menabrak beberapa orang saat perayaan Karnaval Hari Kemerdekaan Indonesia (HUT RI) di Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur diduga disebabkan oleh rem yang blong.

Truk tangki air yang membawa muatan itu diduga kehilangan kendali, saat melewati turunan.

Kapolsek Pacet, AKP Amat, mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Truk tangki air bernomor polisi S 9085 UP berangkat dari arah Dusun Mligi, Desa Claket, Pacet, Mojokerto.

Saat melaju dari arah Pacet menuju arah Kecamatan Gondang, melewati turunan curam bernama Turunan Karlina, truk mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan dan beberapa sepeda motor.

Baca Juga: 2 Pemotor Terlibat Kecelakaan Lenteng Agung Bisa Berstatus Tersangka

Rem blong sering menyebabkan beberapa kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Rem blong adalah tidak berfungsinya sistem rem secara maksimal. Hal ini dapat dihindari jika kamu rutin melakukan servis dan perawatan pada komponen-komponen tersebut.

Sayangnya, kejadian-kejadian kecelakaan rem blong tampaknya tidak membuat para pemilik truk untuk melakukan servis berkala terhadap kendaraannya, terutama pada komponen rem.

Ciri-ciri mobil atau truk alami rem blong

Agar terhindar dari kecelakaan, kamu harus mengenali ciri-ciri kendaraan yang mengalami rem blong dan cara mengatasinya berikut ini.

1. Pedal rem terasa ringan atau los saat ditekan

Sebelum berkendara, pastikan selalu menguji seluruh pedal kendaraan, termasuk pedal rem. Jika terasa ringan saat diinjak, patut dicurigai ada kerusakan pedal rem.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini