Ini Rangkaian Perawatan Suzuki All New Ertiga Hybrid di Bengkel Resmi Beserta Estimasi Biayanya

Aci
Sabtu 26 Agustus 2023, 10:49 WIB
Ini Rangkaian Perawatan Suzuki All New Ertiga Hybrid di Bengkel Resmi Beserta Estimasi Biayanya (FOTO: Dok.Suzuki)

Ini Rangkaian Perawatan Suzuki All New Ertiga Hybrid di Bengkel Resmi Beserta Estimasi Biayanya (FOTO: Dok.Suzuki)

LABVIRAL.COM - Service rutin merupakan ritual wajib yang harus dilakukan pemilik mobil, agar mobil tetap dalam keadaan aman dan nyaman untuk digunakan. Untuk itu, penting bagi kamu agar melakukan service rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Umumnya, serangkaian perawatan pada service rutin terlihat sama, padahal tidak. Setiap mobil, tentu saja memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk itu, masing-masing kendaraan juga memiliki perawatan yang berbeda-beda pula.

Sebut saja All New Ertiga Hybrid. Sama seperti mobil lainnya, All New Ertiga Hybrid juga memiliki beberapa rangkaian perawatan yang harus dilakukan si pemilik untuk menjaga kualitas mobil ini.

Baca Juga: Pakai 2 Mesin, Mari Mengenal Mobil Hybrid dengan Kelebihan dan Kekuarangnya

Untuk perawatan Suzuki All New Ertiga Hybrid di bengkel Suzuki, pertama mobil kamu akan melalui pengecekan terlebih dahulu. Pada proses tersebut, akan menggunakan battery tester dan Suzuki Diagnostic Tools-II.

Adapun jika jarak tempuh mencapai 10.000 km, Suzuki akan melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh dan dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, dan gasket untuk menjamin kinerja mesin yang optimal, efisiensi konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang rendah. 

Baca Juga: Harga Terbaru dan Spesifikasi Mesin Toyota Yaris Cross Hybrid 2023

Untuk jarak tempuh 20.000 km, Suzuki akan melakukan penggantian oli mesin, filter oli, gasket, dan busi. Pada jarak 30.000 km, hanya memerlukan penggantian filter oli, oli mesin, dan gasket kembali. 

Selanjutnya, saat jarak tempuh mencapai 40.000 km, kamu akan mendapatkan penggantian oli mesin, filter oli, gasket, filter udara, busi, oli transmisi, minyak rem dan radiator coolant.

Saat jarak mencapai 50.000 km, perawatan yang dilakukan masih sama dengan perawatan jarak tempuh 30.000 km untuk menjamin sistem dapur pacu tetap optimal, efisiensi bahan bakar yang baik, serta emisi gas buang yang rendah. 

Baca Juga: Susul Era Elektrifikasi, Honda Pamer All New Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023

Adapun biaya estimasi perawatan berkala All New Ertiga Hybrid di jarak tempuh selanjutnya, yaitu dari periode 60.000 km hingga 100.000 km, kisarannya berada di angka 5 jutaan rupiah. Total biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa servis dan pembelian komponen fast moving serta pelumas dan pembelian parts slow moving sesuai kondisi pemakaian.

Sedangkan untuk perawatan baterai Lithium-ion All New Ertiga Hybrid, bengkel resmi Suzuki akan selalu melakukan pengecekan kondisi baterai dan memastikannya bekerja dengan optimal.

Apabila terjadi masalah, melepas dan memasang baterai lithium-ion harus dilakukan di bengkel resmi Suzuki dan di tangani tenaga ahli. Kemudian, untuk baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai atau rusak, dapat dikembalikan ke bengkel resmi Suzuki dan selanjutnya akan ditangani oleh pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan Suzuki untuk mengelola limbah B3.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini