Pakai 2 Mesin, Mari Mengenal Mobil Hybrid dengan Kelebihan dan Kekuarangnya

Aci
Jumat 25 Agustus 2023, 07:00 WIB
Pakai 2 Mesin, Mari Mengenal Mobil Hybrid dengan Kelebihan dan Kekuarangnya (FOTO: Nissan Indonesia)

Pakai 2 Mesin, Mari Mengenal Mobil Hybrid dengan Kelebihan dan Kekuarangnya (FOTO: Nissan Indonesia)

LABVIRAL.COM - Saat ini, Indonesia tengah menghadapi polusi udara yang buruk, terlebih di beberapa daerah seperti Jabodetabek. Terkait hal tersebut, saat ini banyak pabrikan otomotif tengah berlomba untuk melahirkan mobil berteknologi tinggi yang minim emisi. Adapun jenis mobil dengan teknologi tinggi yang cukup famous yaitu mobil jenis Hybrid. 

Apa itu mobil hybrid?

Mobil Hybrid adalah mobil yang menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaganya. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hybrid memiliki satu sumber mesin lain yakni baterai sebagai sumber tenaganya. 

Baca Juga: Harga Terbaru dan Spesifikasi Mesin Toyota Yaris Cross Hybrid 2023

Untuk proses kerjanya, dimana saat kecepatan mobil hybrid berjalan lambat atau dibawah 40 km/jam, maka mesin yang bekerja adalah mesin motor atau baterai. Pada saat ini, mesin bensin akan otomatis menjadi non aktif atau tidak bekerja. 

Namun, saat mobil tancap gas atau kecepatan diatas 40km/jam, maka yang bekerja pada saat itu adalah mesin bensin. Pada saat itu juga, mesin motor atau baterai akan non aktif. Saat mesin bensin sedang bekerja, ia juga sekaligus menjadi pengisi daya baterai saat itu juga.

Baca Juga: Dibanderol Rp700 Jutaan, All New Honda CR-V Hybrid Meluncur dengan Spek Dewa

Dari penjelasan diatas, mobil jenis Hybrid cukup keren bukan?

Tapi tahukah kamu, sekeren apapun sebuah teknologi, pastilah tetap memiliki celah atau kekurangannya. Hal tersebut sama dengan kendaraan jenis Hybrid.

Berikut Labviral.com jelaskan kelebihan dan kekurangan kendaraan jenis Hybrid. Yuk, disimak!

Baca Juga: Susul Era Elektrifikasi, Honda Pamer All New Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2023

Kelebihan mobil Hybrid

1. Irit bahan bakar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil ini bekerja dengan dua jenis mesin. Tentu saja dengan hal tersebut, bahan bakar bensin akan lebih irit, karena kamu tidak sepenuhnya menggunakan mesin bensin untuk dapat menggerakan mobilmu.

Terlebih di tengah mahalnya harga BBM saat ini, tentu saja mobil Hybrid akan sangat membantu dan baik menjadi pilihanmu yang ingin menghindar dari kemahalan bahan bakar bensin. 

Baca Juga: Cara Memanaskan Mobil Hybrid dengan Benar Agar Kinerjanya Optimal

2. Tidak khawatir kehabisan baterai 

Selain irit bahan bakar bensin, kamu juga akan lebih tenang saat menggunakan mobil hybrid dibandingkan dengan mobil konvensional maupun mobil listrik.

Mobil konvensional terkadang takut kehabisan bensin, sedangkan mobil listrik terkadang membuat khawatir kehabisan baterai. Nah dengan mobil hybrid, kedua ketakutan tersebut tidak perlu kamu khawatirkan, sebab terdapat dua jenis mesin yang disematkan pada mobil hybrid, yaitu mesin bensin dan mesin motor atau baterai.

Saat kamu melaju dengan pelan, maka mesin motor atau baterai yang bekerja. Saat kamu ingin tancap gas, maka akan berpindah otomatis menjadi mesin bensin yang bekerja. Saat mesin bensin bekerja, mesin baterai akan otomatis terisi, jadi hal tersebut tentu akan membuat kamu lebih tanang.

Baca Juga: Bidik Pekerja Hybrid, Jabra Luncurkan Produk Audio dengan Konsep Fold and Go

3. Rendah emisi

Mobil yang tinggi emisi tentu saja sangat berbahaya, apalagi pemerintah telah mengeluarkan peraturan terkait kadar emisi kendaraan yang aman. Nah, mobil hybrid merupakan mobil yang rendah emisi gas buang, jadi kamu tidak perlu takut terkena hukuman saat ada pengecekan emisi yang dilakukan petugas.

4. Performa stabil

Jika biasanya mobil irit bahan bakar memiliki performa yang kurang baik, tidak berarti mobil hybrid demikian. Malah karena menggunakan dua teknologi, akan menambah akselerasi dan kecepatan yang stabil. 

Baca Juga: Intip Spesifikasi dan Harga Yaris Cross, Mobil Hybrid Termurah Toyota di Indonesia

Kekurangan mobil Hybrid

Untuk kendaraan jenis hybrid, sebaiknya saat hendak melakukan perawatan maupun perbaikan dilakukan di bengkel resminya. Sebab perbaikan mobil jenis Hybrid lebih rumit dari kendaraan lainnya. 

Selain itu, mobil Hybrid juga memiliki harga yang cukup tinggi, mengingat mobil jenis Hybrid memiliki dua jenis mesin yang bekerja. 

Menggunakan mobil hybrid juga harus hati-hati sebab saat mesin listrik yang digunakan, mobil tidak akan mengeluarkan suara, dimana hal tersebut terkadang membuat orang sekitar tidak sadar ada mobil yang melaju. Maka, kamu harus lebih hati-hati, ya.

Baca Juga: 3 Fitur Rahasia di Yamaha Grand Filano Hybrid yang Gak Dipublikasi

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan mobil Hybrid. Apakah kamu tertarik menggunakan mobil jenis Hybrid? Semoga bermanfaat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini