Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik, 'Si Kembar, tapi Beda'

Aci
Selasa 29 Agustus 2023, 16:20 WIB
Ilustrasi-Mobil-Listrik hybrid (Sumber : Envato)

Ilustrasi-Mobil-Listrik hybrid (Sumber : Envato)

LABVIRAL.COM - Dunia elektrifikasi mulai familiar di kalangan masyarakat, saat ini sudah banyak mobil maupun motor berkeliaran di jalan raya menggunakan tenaga listrik. 

Kendaraan listrik juga dianggap sebagai kendaraan masa depan, sebab kendaraan tersebut dianggap jauh lebih baik digunakan dibandingkan dengan kendaraan konvensional karena dapat menekan tingginya polusi udara. 

Tak hanya mobil listrik saja lho, mobil hybrid juga menjadi kendaraan yang saat ini tengah populer karena sama-sama menekan angka polusi udara yang tinggi.

Baca Juga: Mobil Hybrid Paling Laris 2023

Sama-sama mobil yang dapat menekan polusi udara yang disebabkan oleh transportasi, namun keduanya tetap saja jenis yang berbeda. Kamu perlu tahu, antara mobil listrik dan mobil hybrid keduanya memiliki perbedaan lho, meskipun keduanya sama-sama mobil masa depan yang digunakan demi menjaga kesehatan lingkungan yang jauh lebih aman dan sehat.

Lalu apakah perbedaan keduanya? Berikut Labviral.com jelaskan khusus untuk kamu, pahami ya!

Baca Juga: Ini Rangkaian Perawatan Suzuki All New Ertiga Hybrid di Bengkel Resmi Beserta Estimasi Biayanya

Apa itu mobil hybrid?

Mobil Hybrid adalah mobil yang menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaganya. Jika pada umumnya mobil hanya menggunakan mesin berbahan bakar bensin, sedangkan mobil hybrid memiliki sumber tenaga lebih dari satu, ditambahkan tenaga listrik.

Untuk proses kerjanya, saat kecepatan mobil hybrid berjalan lambat atau di bawah 40 km/jam maka tenaganya berasal dari listrik dan secara otomatis mesin bertenaga bensin akan nonaktif.

Baca Juga: Daftar Mobil Hybrid Paling Laris 2023, Toyota Innova Zenix Masih Pimpin Klasemen dengan Urutan 2 Terpaut Jauh

Namun, saat mobil tancap gas, atau kecepatan di atas 40km/jam maka yang bekerja adalah mesin berbahan bakar bensin. Pada saat itu juga mesin motor atau baterai akan nonaktif. Saat mesin bensin sedang bekerja ia juga sekaligus menjadi pengisi daya baterai saat itu juga.

Sedangkan mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya sehingga mobil dapat bergerak dan digunakan.

Baca Juga: Pakai 2 Mesin, Mari Mengenal Mobil Hybrid dengan Kelebihan dan Kekuarangnya

Untuk mobil listrik ia hanya bekerja berdasarkan sumber energi listrik yang ada pada baterai mobil itu sendiri, jika daya berkurang atau baterai melemah yang bisa dilakukan yaitu mengisi daya baterai itu di tempat pengisian daya listrik, atau di rumah.

Nah, dari penjabaran d iatas apakah kamu sudah paham terkait perbedaan mobil hybrid dan mobil listrik. So mana yang lebih keren nih menurut kamu? Semoga kamu paham dan bermanfaat ya, see you.**

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Infografis

Mobil Hybrid Paling Laris 2023

Sabtu 26 Agustus 2023, 16:14 WIB
Mobil Hybrid Paling Laris 2023
Berita Terkini