8 Faktor Penyebab Tarikan Gas Motor Jadi Berat, Sebagian Besar karena Ulahmu Sendiri Bro!

Annisa Fadhilah
Kamis 31 Agustus 2023, 15:56 WIB
8 Faktor Penyebab Tarikan Gas Motor Jadi Berat, Sebagian Besar karena Ulahmu Sendiri Bro! (FOTO: Freepik)

8 Faktor Penyebab Tarikan Gas Motor Jadi Berat, Sebagian Besar karena Ulahmu Sendiri Bro! (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Seringkali, para pengendara sepeda motor menghadapi masalah tarikan gas yang terasa berat. Saat hendak mengakselerasi motor, kamu harus menarik tuas gas dengan kuat. Padahal seharusnya dengan posisi tuas gas yang sama, motor seharusnya sudah melaju lebih cepat.

Tentunya, situasi ini membuat pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman. Namun jangan terlalu khawatir dulu, karena terdapat berbagai faktor yang dapat berkontribusi pada tarikan gas yang berat. Berikut ini adalah beberapa aspek yang dapat menyebabkan tarikan gas motor terasa berat.

Baca Juga: Tarikan Motor Tetap Halus dan Punya Performa OK, Ikuti Saja Langkah Ini

1. Penggantian oli tidak merata

Oli merupakan elemen penting bagi sepeda motor kamu. Oli digunakan untuk melumasi mesin sepeda motor. Oli berfungsi meminimalisir munculnya gesekan pada komponen kendaraan. Oli juga digunakan untuk menjaga suhu mesin tetap ideal.

Jika kamu terlambat atau tidak rutin mengganti oli, performa mesin akan menurun. Akibatnya, performa mesin sepeda motor pun menjadi kasar. Selain itu, mesin juga membutuhkan tenaga ekstra untuk beroperasi. Hal inilah yang membuat mesin menjadi berat. Oli yang tidak segera diganti, dapat merusak mesin sepeda motor kamu. Pasti!

2. Kelebihan oli

Oli memegang peranan penting pada mesin sepeda motor. Namun, oli berlebih juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya tarikan mesin yang berat. Maka, pengisian kembali oli baru harus disesuaikan dengan kapasitas oli mesin sepeda motor kamu.

Baca Juga: 42 Fitur Mitsubishi Xpander yang Bikin Si Ganteng Ini Makin Cocok untuk Mobil Keluarga

3. Karburator

Penyebab tarikan gas motor terasa berat lainnya adalah karburator. Diketahui, kaburator berfungsi sebagai pencampur bahan bakar dan udara yang diperlukan untuk mesin, sehingga karburator tidak boleh tersumbat saat bercampur dengan bahan bakar.

Air juga tidak bisa masuk ke karburator dan spuyer tidak boleh kotor. Maka saat melakukan perawatan rutin, bersihkan bagian karburator.

4. Masalah busi motor

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
News

Curhat Netizen Susahnya Membeli Motor Cash

Rabu 30 Agustus 2023, 08:13 WIB
Curhat Netizen Susahnya Membeli Motor Cash
Berita Terkini