6 Penyebab Gas Motor Injeksi Tidak Stabil, dari Masalah Busi Hingga Filter Udara

Annisa Fadhilah
Minggu 03 September 2023, 10:20 WIB
6 Penyebab Gas Motor Injeksi Tidak Stabil, dari Masalah Busi Hingga Filter Udara (FOTO: Astramotor.co.id)

6 Penyebab Gas Motor Injeksi Tidak Stabil, dari Masalah Busi Hingga Filter Udara (FOTO: Astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Ketika berkendara dengan motor injeksi, mengalami masalah dengan gas tidak stabil adalah salah satu hal yang umum terjadi.

Kondisi ini bukan hanya membuat pengemudi merasa tidak nyaman, tetapi juga dapat mengganggu kinerja mesin motor injeksi. Jika tidak ditangani dengan benar, masalah ini bahkan dapat merusak beberapa komponen mesin motor, loh!

Gas motor yang tidak stabil bisa karena berbagai penyebab. Berikut Labviral.com berikan 6 penyebab umum gas motor injeksi tidak stabil.

Baca Juga: 5 Cara Gampang dan Cepat Atasi Baret pada Bodi Mobil, Bisa Dilakukan di Rumah

1. Saringan udara yang tidak berfungsi dengan baik

Fungsi utama filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar motor, sehingga tidak mencampur dengan partikel-partikel kotoran dan debu. Ketika filter udara ini kotor, dampaknya bisa membuat gas motor terasa berat hingga tidak stabil.

Selain itu, penggunaan filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan mesin tiba-tiba mati atau mogok.

Kotoran yang menumpuk pada filter udara ini dapat disebabkan oleh lingkungan yang berdebu atau oleh usia pemakaian filter. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk secara teratur memeriksa kondisi saringan udara dan membersihkannya jika diperlukan.

2. Kerenggangan busi yang tidak tepat

Kerenggangan yang tepat pada busi sangat penting untuk kinerja motor yang baik. Ukuran kerenggangan ini memiliki dampak langsung pada suhu pembakaran bahan bakar dan udara dalam mesin.

Meningkatkannya suhu pembakaran dapat menghasilkan percikan api yang lebih besar, yang pada gilirannya dapat memberikan performa yang lebih baik pada mesin, terutama pada mesin yang dimodifikasi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
News

Curhat Netizen Susahnya Membeli Motor Cash

Rabu 30 Agustus 2023, 08:13 WIB
Curhat Netizen Susahnya Membeli Motor Cash
Berita Terkini