Motor Matic Honda Punya Kotak Hitam di Dekat CVT, Apa Fungsinya?

Yowan R
Kamis 14 September 2023, 16:56 WIB
Ilustrasi kotak hitam kecil yang terdapat di dekat CVT skutik Honda (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi kotak hitam kecil yang terdapat di dekat CVT skutik Honda (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Kotak kecil berwarna hitam pada bagian crankcase CVT bagian belakang skutik Honda ini banyak yang belum tahun tentang fungsinya. Jadi nggak heran kalau banyak yang penasaran tentang fungsi dari kotak kecil berwarna hitam yang letaknya di bawah dudukan shockbreaker belakang skutik Honda in.

Kotak kecil berwarna hitam ini ada pada skutik Honda keluaran terbaru yang sudah menggunakan sistem injeksi seperti Honda BeAT, Honda Scoopy, Honda Genio atau Vario 110 LED.

Berdasarkan informasi yang didapat dari PT Astra Honda Motor (AHM) kotak kecil berwarna hitam tersebut adalah sensor untuk mendeteksi kecepatan laju dari skutik Honda, sensor tersebut bernama ‘wheel speed sensor’ atau lebih dikenal dengan sensor kecepatan.

Wheel speed sensor atau sensor kecepatan ini akan membaca putaran akhir dari roda belakang sebagai nilai kecepatan laju skutik Honda yang nantinya ditampilkan melalui panel instrumen atau speedometer.

Sensor kecepatan yang yang berada di dalam kotak kecil berwarna hitam ini merupakan pengembangan dari sensor kecepatan model kabel yang digunakan pada skutik Honda keluaran lama.

Sensor kecepatan model kabel tersebut bekerja dengan cara konvensional sesuai dengan putaran roda depan yang dikonversi oleh girbok lalu disalurkan melalui kabel speedometer menuju speedometer.

Sedangkan sensor kecepatan model terbaru yang berada di balik kotak kecil berwarna hitam ini akan membaca putaran pada gardan atau gearbox untuk memutar roda belakang. Hasil bacaan dari sensor tersebut akan disalurkan ke ECU dan diteruskan menuju speedometer untuk menampilkan laju kecepatan motor.

Untuk kotak hitamnya sendiri, berfungsi sebagai pelindung sensor kecepatan dari kotoran dan air. Karena posisi atau penempatan sensornya rawan terkena air dan kotoran dari roda belakang.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini