Fungsi Penting Selang Kecil di Bagian CVT Motor Matic, Jangan Dibuang!

Aci
Rabu 29 Maret 2023, 07:51 WIB
Ilustrasi dari bagian CVT motor matic (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi dari bagian CVT motor matic (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRALCOM - Bagi kalian pemilik sepeda motor matic, segera periksa pada bagian CVTnya apakah terdapat selang kecil berbentuk pipih pada bagian belakangnya. Pastikan selang kecil tersebut terpasang karena berfungsi penting.

Untuk fungsi selang kecil berbentuk pipih pada CVT motor matic sendiri adalah menampung endapan air yang mungkin masuk ke dalam CVT dan mencegah air dari luar masuk ke dalam CVT.

Air yang masuk ke dalam CVT ini bisa terjadi saat pencucian sepeda motor ataupun saat sepeda motor dikendarai di kondisi jalan basah seperti hujan.

Baca Juga: Silang Roller Weight di CVT Motor Matic, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Karena itu, selang kecil yang terdapat pada bagian CVT motor matic ini dibuat dengan ujung yang berbentuk pipih. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah air masuk ke dalam CVT.

Sebaiknya, para pemilik sepeda motor rutin memeriksa bagian selang kecil tersebut setiap satu bulan sekali. Jika terdapat air, segera bersihkan dengan cara melepas selang tersebut menggunakan tang.

Baca Juga: Perbedaan Transmisi Otomatis CVT dan AT, Mana yang Lebih Unggul?

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membuka selang penutup lubang menggunakan tang. Setelah selang terlepas, kalian bisa menghidupkan mesin sembari memutar tuas gas sedikit selama kurang lebih 10 detik.

Jika sudah, kalian bisa mematikan mesin motor dan memasang kembali selang kecil tersebut dan pastikan ujungnya masih tertutup rapat.

Baca Juga: Simak Baik-baik, Ini Waktu yang Tepat untuk Servis CVT Motor Matic

Nah, itulah fungsi selang kecil yang terdapat pada bagian CVT motor matic. Agar motor tetap aman, segera periksa selang tersebut, jika sudah tidak ada segera pasangkan selang tersebut bisa dengan cara membuatnya dengan selang bensin atau membelinya di bengkel.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini