Fungsi Sabuk di Jok Belakang Motor Sport yang Masih Sering Dianggap Sepele

Yowan R
Kamis 14 September 2023, 18:59 WIB
Ilustasi sabuk jok belakang di motor sport (Sumber : aliexpress.com)

Ilustasi sabuk jok belakang di motor sport (Sumber : aliexpress.com)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor, jok merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan sangat penting untuk menunjang kenyamanan para pengendara motor.

Nah, jika diperhatikan pada jok sepeda motor jenis sport seperti, Honda CBR150R, Kawasaki Ninja ZX25R dan beberapa motor lainnya, pada jok yang terletak di bagian belakang terdapat sabuk.

Sabuk pada jok belakang motor sport ini, ternyata bukan sekedar aksesori saja. Sebab, sabuk jok belakang ini memiliki fungsi yang cukup penting.

Seperti yang kita tahu, sepeda motor jenis sport ini umumnya sudah tidak lagi memiliki behel belakang. Jadi, sabuk pada jok ini berfungsi sebagai behel belakang yang salah satu fungsinya sebagai pegangan bagi penumpang.

Sebab, biasanya penumpang belakang tidak mau memegang badan si pengendara. Penumpang biasanya lebih memilih untuk memegang behel belakang. Jadi, untuk penumpang sepeda motor sport yang tidak ada behelnya bisa memegang sabuk jok saat membonceng.

Meskipun sabuk jok ini tidak terlihat kokoh karena tidak terbuat dari besi seperti behel belakang yang bisanya, namun tidak perlu khawatir. Sebab, sabuk jok belakang di motor sport ini masih cukup kuat dan aman untuk pegangan para penumpang.

Karena, sabuk jok belakang pada motor sport ini terikat kuat dengan baut yang terhubung langsung dengan jok, jadi para penumpang motor sport tidak perlu takut sabuk akan terlepas saat berpegangan di sabuk jok.

Itulah tadi fungsi penting dari sabuk di jok motor sport, yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Setelah tahu fungsi dari sabuk jok ini, pastikan untuk memanfaatkan sabuk jok motornya dengan baik.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini